|
Menu Close Menu

48 Pasang Sapi Karapan Berlaga di Piala KASAD, Berikut Nama Pemenangnya

Selasa, 21 Maret 2023 | 06.29 WIB

Caption: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menyerahkan hadiah kepada para pemenang. (Dok/Lensajatim.id).

Lensajatim.id,  Bangkalan - Usai menerima Gelar Kesultanan Bangkalan dan dikirab mengelilingi Kota Bangkalan dengan menaiki delman, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrachman membuka dan menyaksikan Lomba Karapan Sapi Piala KASAD Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Kerapan Sapi Raden Panji Mohammad Noer Bangkalan, Madura, Senin (20/3/2023).


Sebanyak 48 pasang sapi kerap mengikuti kompetisi ajang adu kecepatan sapi tersebut. Tidak hanya dari 4 Kabupaten yang ada di Madura, peserta yang mengikuti juga berasal dari beberapa Kabupaten di Jawa Timur diantaranya, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan dan Jember.


Berlangsung meriah, ajang kebudayaan masyarakat Madura bertajuk "Karapan Sapi Perang Bintang Piala KASAD" dengan hadiah berupa 2 unit mobil dan 4 sepeda motor itu juga dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Plt. Bupati Bangkalan Drs. Moh. Mohni, Forkopimda Bangkalan dan Dandim se Madura.


Saat ditemui usai menutup acara dan penyerahan  hadiah kepada para pemenang, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf yang juga merupakan putra Madura kelahiran Bangkalan menyampaikan bahwa pemberian gelar kehormatan keluarga bangsawan Bangkalan adalah  sebagai ikatan TNI dengan masyarakat agar komunikasi antara TNI dengan masyarakat terus terjalin.


"Suatu kehormatan bagi kami warga Kodam V/Brawijaya khususnya dan seluruh warga Madura karena Bapak KASAD sudah berkenan hadir dan dianugerahi gelar bangsawan Bangkalan serta mengadakan lomba Karapan Sapi," katanya.


"Bapak KASAD sudah mendeklarasikan diri dengan anugerah Kesultanan yang diterima untuk terus menjadi pembina dan pengayom bagi Keluarga Kesultanan Bangkalan dan masyarakat", ucap Mayjen Farid yang juga merupakan keluarga keturunan Kesultanan Bangkalan ini.


Mayjen Farid melanjutkan bahwa kebanggaan Jenderal Dudung adalah pelestarian budaya Karapan Sapi yang merupakan warisan budaya turun-temurun.


"Bapak KASAD sangat terkesan dengan budaya Madura, dan berharap kedepan kita mampu terus melestarikan budaya ini", tuturnya.


Juara 1 pada gelaran perlombaan Karapan Sapi ini diraih oleh "Bintang Ngalle" dengan pemilik H. Hamdan asal Bangkalan, Juara 2 diraih "Macan Pote" dengan Pemilik H. Rajis asal Pamekasan dan Juara 3 diraih "Moncong Cilik" dengan pemilik H. Zidan asal Bangkalan sebagai Juara Atas.


Sementara itu, pada Juara Bawah diraih oleh "Jendral Muda" milik Mayjen TNI Farid Makruf MA dari Bangkalan sebagai Juara 1, kemudian Juara 2 diraih oleh "Stell Balap" dengan pemilik Abiem asal Sampang dan Juara 3 diraih oleh "Raja Sitek" dengan pemilik H. Tohir asal Bangkalan. (Man/Red)

Bagikan:

Komentar