|
Menu Close Menu

Tim Pengabdian UPN Veteran Jakarta Sosialisasikan Produk Pembiayaan Syariah untuk Pengurus Masjid

Sabtu, 27 Mei 2023 | 14.09 WIB

Sosialisasi dan Edukasi Produk Pembiayaan Syariah untuk Pengurus Masjid. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Di Indonesia pemahaman masyarakat terhadap lembaga pembiayaan syariah masih sangat rendah. Berdasarkan Survei Literasi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat pemahaman masyarakat terhadap lembaga pembiayaan syariah hanya mencapai 4,01%. Artinya bahwa dari 100 orang, hanya 4 orang yang mengenal dan memahami lembaga pembiayaan syariah. 


Berangkat dari fenomena tersebut, tim pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPN “Veteran” Jakarta) bekerjasama dengan Forum Silaturrahim Takmir Masjid Kementerian/Lembaga dan BUMN mengadakan kegiatan “Sosialisasi dan Edukasi Produk Pembiayaan Syariah Bagi Pengurus Masjid Kementerian/Lembaga dan BUMN” dengan Bapak H. Yusron Hibrizie, S.E., M.B.A. (Kepala Syariah PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk) sebagai narasumber. 


Kegiatan ini sendiri dilangsungkan secara online melalui platform Zoom serta disiarkan secara live melalui platform YouTube pada hari Sabtu, 27 Mei 2023. Tim  Pengabdian UPN “Veteran” Jakarta, diwakili oleh sejumlah perwakilan dosen, yaitu Dr. Dra. Retno Dyah Kusumastuti, M.Si. (dosen S1 Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Jakarta),  Faizi, S.E.i., M.Si., Ph.D. (dosen S1 Ekonomi Syariah FEB UPN “Veteran” Jakarta), dan  Airlangga Surya Kusuma, S.E., M.Sc. (dosen S1 Manajemen FEB UPN “Veteran” Jakarta). Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan pengurus masjid di Kementerian/Lembaga dan BUMN yang tersebar di seluruh Jabodetabek. 


Pada acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut dan dihadiri oleh 112 peserta secara online, narasumber menjelaskan mengenai pengenalan keuangan syariah, penjelasan profil dan mekanisme pembiayaan syariah, serta sejumlah produk pembiayaan syariah, seperti pembiayaan dengan akad murabahah, akad mudharabah, akad musyarakah, akad ijarah, akad salam, akad istishna, akad qardh, akad hawalah, dan akad kafalah, lalu diikuti dengan kegiatan tanya jawab. 


Peserta mengikuti acara dengan sangat antusias, dan selanjutnya diharapkan para pengurus masjid tersebut dapat turut mensosialisasikan produk pembiayaan syariah ke masyarakat luas, sehingga pemahaman masyarakat mengenai pembiayaan syariah dapat semakin meningkat. Kedepannya, tim pengabdian UPN “Veteran” Jakarta dapat terus  menjalin kerjasama baik dengan Forum Silaturrahim Takmir Masjid Kementerian/Lembaga dan BUMN maupun dengan pihak lain, dalam rangka meningkatkan pemahaman maupun minat masyarakat untuk menggunakan produk-produk pembiayaan syariah. (Tim)

Bagikan:

Komentar