|
Menu Close Menu

Pemkab Sumenep Gelar Penjamasan dan Kirab Pusaka

Kamis, 27 Juli 2023 | 23.00 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edi Rasiyadi saat menerima pusaka keraton Sumenep usai dilakukan penjemasan pada Kamis (27/07/2023).  (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) menggelar penjamasan atau membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Raja Sumenep di Pendopo Agung Keraton pada Kamis (27/07/2023).


Diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut para empu dan masyarakat Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Bluto, untuk memeriahkan kirab penyerahan pusaka keraton setelah dilakukan penjamasan tersebut.


Kirab itu tidak hanya pusaka keraton semata, melainkan masyarakat dengan berpakaian khas keraton membawa hasil panen desa setempat, seperti terong, tomat, kelapa dan kacang panjang sebagai tanda syukur pada pemimpin Kabupaten Sumenep.


Prosesi penyerahan pusaka dilakukan oleh salah seorang empu kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edi Rasiyadi, yang diakhiri dengan melakukan Tarek Topak Barlobaran, sebagai tanda selesainya penjamasan dan penyerahan pusaka Keraton Sumenep.


“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah bersama masyarakat, dalam melestarikan budaya dan tradisi agung yang dimiliki Kabupaten Sumenep,” katanya kepada awak media, Kamis (27/07/2023).


Untuk itu, pihaknya berharap seluruh masyarakat memiliki tanggung jawab untuk melestarikan kekayaan tradisi dan budaya di tengah gempuran modernisasi, supaya warisan leluhur itu tidak tergerus zaman apapun, utamanya generasi muda.


“Manakala, semua elemen masyarakat berkomitmen menjaga dan merawat warisan tradisi leluhur, tentu saja tetap lestari hingga kapanpun,” katanya menjelaskan kepada media.


Selain itu, saat kirab dan pengembalian pusaka juga menghadirkan pelajar, sebagai media edukasi kepada generasi muda supaya mengetahui kekayaan budaya dan tradisi, sehingga mencintai warisan leluhur Kabupaten Sumenep.


“Pelajar yang dilibatkan dalam kegiatan itu, guna membangun kesadaran kepada generasi muda untuk mencintai budaya dan tradisi leluhur,” tandasnya. 


Sebatas informasi tambahan, serangkaian kegiatan Haul dan Jamasan Pusaka sebagai kegiatan kalender Pemerintah Kabupaten Sumenep, diadakan talk show untuk membahas seputar pusaka keris yang menghadirkan Tokoh Sesepuh Keraton Sumenep, RB. Abdurrahman, Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep, Salamet Wahedi, dan Konten Kreator Sumenep Tempo Dulu, Faiq Nur Fikri.( Zi)

Bagikan:

Komentar