|
Menu Close Menu

Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Bersama Pemuda Kamal, Ini yang Disampaikan Syafiuddin

Kamis, 17 Agustus 2023 | 13.42 WIB

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Kabun, Kecamatan Kamal, Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- HUT Kemerdekaan RI ke-78 diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Tidak terkecuali, di Kecamatan Kamal, para pemuda dan pemudi juga ikut merayakan HUT Kemerdekaan dengan menggelar upacara hari Kemerdekan Republik Indonesa di lapangan Desa Kebun Kecamatan Kamal, Bangkalan.  Kamis, (17/08/2022).


Upacara digelar sebagai penghormatan dari pemuda Bangkalan untuk mengingat jasa para pejuang yang telah gugur. Selain itu, upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78 ini juga sebagai bentuk semangat dari para pemuda. 


"Disini kita bisa melihat para pemuda memiliki semangat dan juga sangat menghormati para pejuang yang telah gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini," kata Pembina Pemuda Kamal Bahtiar Pradinata.


Ia juga mengaku, banyaknya Pemuda yang terlibat dalam upacara itu juga menunjukkan bahwa pemuda Se-Kecamatan Kamal bukan golongan tertinggal terutama dalam segi Sumber Daya Manusia (SDM). Ia juga menjelaskan Pemuda Bangkalan secara umum dinilai memiliki kemampuan untuk bersaing dan bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman. 


"Para pemuda Kamal adalah pemuda yang memiliki potensi untuk maju kedepan. Pemuda Kamal bukan golongan tertinggal terutama SDM-nya karena mampu bersaing dengan yang lain," imbuhnya. 


Upacara hari kemerdekaan itu dipimpin Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Ketua KONI Bangkalan, Fauzan Jakfar sebagai pembaca teks proklamasi.


Semangat pemuda perlu di pacu agar bisa bersaing dengan dunia luar. Ia juga mengaku, perlu peran pemuda dalam memajukan daerah dan negara. 


Pada kesempatan itu Syafiuddin menuturkan pentingnya peran pemuda hari ini.


"Mereka inilah bibit-bibit yang nantinya menjadi calon pemimpin di masa depan. Sehingga sebagai orang tua, kami harus menyemangati mereka. Para pemuda ini harus dipacu semangatnya," tuturnya. 


Ia juga berharap, semangat pemuda di Bangkalan terus membara sehingga pemuda di Bangkalan semakin hebat. 


"Jaman sudah semakin berkembang,sehingga para pemuda harus tumbuh dengan hebat supaya tidak tergerus jaman," pungkasnya. (Ek/Red)

Bagikan:

Komentar