|
Menu Close Menu

Usai Senam dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Ratusan Lansia di Kecamatan Sepulu Menerima Bantuan Sosial PKH Plus

Rabu, 16 Agustus 2023 | 17.32 WIB

Kegiatan Penyaluran Bansos PKH Plus di Kantor Kecamatan Sepulu Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sepulu Kabupaten  Bangkalan bersama Bank Jatim Cabang Bangkalan menyalurkan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), berupa bantuan sosial PKH Plus jaminan sosial  lanjut usia (Jaslut) tahap 3 tahun 2023 bagi 161 keluarga penerima manfaat (KPM) dari 12 desa yang ada di wilayah  Kecamatan Sepulu di Kantor Kecamatan Sepulu. Program  tersebut diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang sebelumnya pernah menjabat Menteri Sosial (Mensos RI). Rabu, (16/08/2023).


Uniknya, dalam kegiatan itu para lansia sebelum menerima bantuan sosial, terlebih dahulu diajak melakukan senam lansia yang dimulai sekitar 07. 30 WIB.  Usai senam, kegiatan itu dilanjutkan dengan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang disampaikan oleh Koordinator Kabupaten (Korkab PKH) Kabupaten Bangkalan. Tidak hanya sampai disitu, para lansia juga mendapatkan arahan motivasi hidup sehat yang disampaikan oleh Dokter dari UPT Puskesmas Sepulu kemudian ada pelaksanaan cek fisik kesehatan . 




Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama antara Kantor Kecamatan Sepulu, UPT Puskesmas Kecamatan Sepulu, Bank Jatim Cabang Bangkalan dan Pendamping Sosial PKH. Terlihat hadir dalam kegiatan itu perwakilan Pemdes, Camat Sepulu, Sepulu , pegawai Bank Jatim sebagai pihak penyalur,  Pendamping PKH dan juga korkab PKH Bangkalan. Selain  itu juga ada dari hadir  Polsek dan  Koramil Kecamatan Sepulu.


Camat Sepulu memberikan apresiasi atas kegiatan yang sudah terselenggara itu. 


" Kalau bisa kegiatan penyaluran dikemas seperti ini lebih bagus , lansia lebih dekat ambil bantuannya ,  bisa mendapatkan cek kesehatan gratis , saya sangat mendukung," tukas  Camat Sepulu Abd. Hadi. 


Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Sepulu, H. Slamet Fitriady S, S.Kep., Ns.  Pihaknya berharap kegiatan itu berjalan secara berkesinambungan . Sebab itu sejalan dengan kegiatan pelayanan Puskesmas yakni UKM.


" Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia dan Pelayanan Pencegahan Penyakit Tidak menular. Kegiatan ini meliputi skrining kesehatan dan senam Lansia. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjaga Kualitas hidup lansia," ungkapnya. 


Ditempat yang sama, Korkab  PKH Kabupaten Bangkalan, Heru Wahjudu ST apa yang dilakukan oleh Pendamping Sosial PKH Sepulu merupakan wujud dukungan, kepedulian dan inisiatif Pendamping dalam rangka membangun komunikasi antar stakeholder terkait di Pelaksanaan Penyaluran PKH Plus Tahap 3. 


Hal ini tentu memiliki banyak manfaat diantaranya; pertama, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terkait dalam melakukan pengawasan penyaluran. 


Kemudian yang kedua, bentuk kepedulian terhadap kesehatan para lansia melalui kegiatan senam lansia dan pemeriksaan kesehatan gratis. Dan ketiga, bentuk kepedulian penyaluran bantuan lansia guna mempermudah dan mempercepat bantuan diterima KPM. 


" Harapannya kegiatan tersebut bisa ditularkan ke kecamatan lainnya," pungkas Heru. 


Program PKH Plus Jaslut ini merupakan  program jaminan lanjut usia dari  program Pemerintah Provinsi Jawa Timur dimana lansia menerima bantuan 500.000 selama 4 tahap dalam 1 tahunnya. (Fiq/Red)

Bagikan:

Komentar