|
Menu Close Menu

Festival Tembakau Madura Kembali akan Digelar di Pasongsongan Sumenep

Kamis, 28 September 2023 | 05.33 WIB



Lensajatim.id Sumenep –Festival Tembakau Madura keempat kalinya tahun 2023 akan digelar di Desa Lebeng Timur, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur pada 29-31 September 2023 mendatang.


Diketahui, Festival Tembakau Madura telah menjadi agenda tahunan sekaligus perayaan panen tembakau tersebut. Festival yang secara konsisten digelar oleh masyarakat Desa Lebeng Timur ini telah mejadi daya tarik tersendiri bagi Kemdikbud RI.


Hal itu dapat dibuktikan dengan terpilihnya Desa Lebeng Timur, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, menjadi salah satu desa budaya sejak tahun 2021.


Kepada sejumlah awak media, Jufriyanto dari pihak panitia festival  menjelaskan, pada mulanya gelaran festival dimaksudkan sebagai media ungkapan rasa syukur petani tembakau atas hasil bumi yang telah diberikan oleh Sang Pencipta.


"Namun pada perkembangannya, festival dimaksudkan juga untuk tujuan-tujuan sosial, kultural, dan ekonomi yang lebih luas," katanya saat diwawancarai oleh sejumlah awak media, Rabu (27/09/2023)


Lebih lanjut, pria yang akrab disapa  Jufri mengaku festival tersebut menjadi ruang kontestasi nilai-nilai kegotong-royongan masyarakat agraris. Nilai-nilai sosio kultural menurut ia dapat dilihat dari praktik-praktik sosial yang terjadi sepanjang persiapan dan pelaksanaan festival.


“Masyarakat Desa Lebeng Timur bergotong-royong dalam mewujudkan hajat mereka, baik tenaga maupun finansial. Sebagai ruang pelestarian budaya, festival ini telah menjadi wadah atraksi pertunjukan kesenian rakyat dan olahraga permainan tradisional,” pungkasnya.


Sebatas informasi tambahan pertunjukan kesenian rakyat juga dituangkan ke festival ini. Seperti rak-karagan, saronen, jaran kenca’, kesenian sintung, berbagai jenis tarian, teater, juga musik. (Zi/Red)

Bagikan:

Komentar