|
Menu Close Menu

Kejuaraan Karapan Sapi Sukses Digelar, Begini Harapan Bupati Fauzi

Minggu, 24 September 2023 | 13.05 WIB

Kejuaraan Karapan Sapi bertajuk Madura Bull Race Championship Tingkat Kabupaten Sumenep 2023 . (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat sukses menggelar karapan sapi pada Sabtu (23/09/3023).


Diketahui, Kejuaraan Kerapan Sapi bertajuk Madura Bull Race Championship Tingkat Kabupaten Sumenep 2023 itu berlangsung di Lapangan Bluto, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep dengan diikuti sebanyak 48 peserta.


Adapun, perinciannya sebanyak 24 pasang sapi dari kecamatan wilayah daratan dan 24 pasang sapi dari Kecamatan wilayah Kepulauan.


Pemenang golongan menang 1, 2 dan 3 dan golongan kalah 1, 2 dan 3 menjadi pasangan sapi mewakili Kabupaten Sumenep ke ajang Kejuaraan Tingkat Madura pada 8 Oktober 2023 di Kabupaten Bangkalan untuk memperebutkan Piala Presiden RI.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengharapkan, setiap gelaran karapan sapi ini sebagai silaturahmi dan mempererat kekompakan, serta memperkuat identitas kultural masyarakat Madura khususnya Kabupaten Sumenep, untuk berkomitmen dalam mengembangkan dan melestarikan sapi kerap kepada generasi muda.  


“Kami menyampaikan terima kasih kepada para peternak dan pecinta sapi kerap yang melestarikan budaya warisan leluhur hingga saat ini, termasuk paguyuban karapan sapi menyelenggarakan berbagai perlombaan di Kabupaten Sumenep,” katanya, Minggu (24/09/2023)


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa kebudayaan dan tradisi adalah warisan tak ternilai harganya yang telah diwariskan oleh para pendahulu seperti karapan sapi sebagai identitas kultural masyarakat Madura.


“Karapan sapi sebagai warisan tradisi yang sangat berharga sudah menjadi tanggung jawab bersama, untuk melestarikan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.


Suami Nia Kurnia Fauziyah itu, menambahkan pemerintah daerah dalam upaya merawat dan menjaga karapan sapi, salah satunya adalah mengadakan perhelatan karapan sapi tingkat Kabupaten, sehingga kegiatannya mampu memberikan pembinaan, pengembangan serta pelestarian warisan budaya itu.


“Kejuaraan ini terselenggara merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah daerah bersama pecinta dalam melestarikan budaya,” pungkasnya. (Zi/Red)

Bagikan:

Komentar