|
Menu Close Menu

Momentum Hari Jadi ke-754 Sumenep, KIM Batuputih Raih Penghargaan dari Kominfo RI

Minggu, 29 Oktober 2023 | 16.01 WIB

Foto Bersama Akh. Fauzi, Ketua KIM Batuputih Sumenep saat menerima penghargaan dari Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Dok/Istimewa).

lensajatim.id Surabaya – Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) tahun 2023, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terpilih sebagai KIM Terproduktif se-Indonesia di platform kim.id pada Sabtu (28/10/2023).


Diketahui, prestasi bergengsi tingkat Nasional tersebut merupakan penghargaan khusus

KIM Terproduktif dengan postingan 182 Berita di tahun 2023 yang disampaikan langsung oleh Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Kota Surabaya itu, dihadiri langsung oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kasong didampingi Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Publik, Hasyim Gautama, Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan dan Jajaran Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota peserta KIM Festival. Berikut pegiat/anggota KIM se-Indonesia.


Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kasong dalam sambutannya mengatakan bahwa KIM Festival 2023 merupakan Apresiasi bagi Pegiat KIM untuk pertama kalinya yang digelar di Kota Surabaya ini.


"Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota sebagai ajang menunjukkan kompetensi dan membangun jejaring lintas sesama KIM dari Kabupaten Kota seluruh Provinsi di Indonesia," katanya, Sabtu (28/10/2023).


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa Kualitas kompetisi yang disajikan dalam KIM Festival 2023 oleh setiap KIM sangat kompetitif sehingga Dewan Juri dalam sidang menambahkan kriteria penilaian dalam Penghargaan Khusus yang meliputi KIM Adaptif, Inspiratif, Inovatif, Inspiratif dan Kreatif.


"Penghargaan Khusus ini diharapkan bisa memotivasi KIM untuk terus melaju melanjutkan programnya dan terus berinovasi mengembangkan potensi kearifan lokal dan perekonomian masyarakat setempat. KIM lebih masif menyebarluaskan informasi publik terkait kebijakan program prioritas pemerintah kepada masyarakat," tegasnya.


Pihaknya menambahkan, Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota untuk berkomitmen bersama sama untuk membina dan memberdayakan KIM agar terus bisa berkembang dan eksis di masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung komunitas publik pemerintah kepada masyarakat di pedesaan maupun perkotaan.


"Bagi Pemenang Lomba KIM Festival yang akan datang diharapkan bisa diberikan hadiah yang bermakna bagi KIM yang dibiayai oleh Kemenkominfo RI atau mengikuti program pelatihan pelatihan yang ada seperti Digital Talent Scholarship, apresiasi konkrit dan bermakna untuk memajukan kompetensi seluruh Pegiat KIM di Indonesia," tandasnya.


Sementara itu, Akh. Fauzi selaku Ketua KIM Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep menyanyikan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mensuport  penuh adanya KIM di Kecamatan Batuputih, khususnya kepada keanggotaan KIM Batuputih dan pegiat KIM se-Kabupaten Sumenep.


"Alhamdulillah kami sampaikan. Yang jelas penghargaan ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami dan seluruh pegiat KIM se-Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep untuk terus memberikan informasi positif kepada masyarakat," singkat Mahasiswa Pascasarjana Unisma tersebut.


Sebatas informasi tambahan, berikut Pemenang Utama Lomba KIM Festival 2023

- KIM Terbaik Bidang UMKM  : 

KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Jateng.

- KIM Terbaik Bidang Pariwisata :

KIM Taman Kreatif Plipitan Kota Serang Banten.

- KIM Terbaik Bidang Pertanian : 

KIM Taruna Jaya, Provinsi Jawa Barat 

- KIM Terfavorit : KIM Provinsi Jawa Barat 


Penghargaan Khusus KIM Festival 2023 :

- KIM ADAPTIF : KIM Muara Badak Kaltim.

- KIM INOVATIF : KIM Graha Asri Sulawesi Tenggara.

- KIM INSPIRATIF  : KIM Allewuang Sulawesi Barat.

- KIM ASPIRATIF : KIM Paya Tumpi Baru Provinsi Aceh.

- KIM KREATIF : KIM Pandan Arum Kota Madiun Jawa Timur.


PENGHARGAAN KHUSUS :

KIM Terproduktif di Platform KIM.ID :

KIM Batuputih Kabupaten Sumenep Jatim. Dengan Postingan 182 Berita di tahun 2023.

Bagikan:

Komentar