|
Menu Close Menu

BPJS Kesehatan Diminta Terus Berinovasi Demi Akses Layanan yang Lebih Mudah

Sabtu, 15 Maret 2025 | 17.05 WIB

Nurhadi, Anggota Komisi IX DPR RI saat dalam acara Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kediri.(Dok/Istimewa). 
Lensajatim.id, Kediri- Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi NasDem, Nurhadi, S.Pd, MH, menegaskan pentingnya transformasi layanan kesehatan melalui inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Hal ini disampaikan dalam acara Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bertajuk "Transformasi Mutu Pelayanan Melalui Inovasi BPJS Kesehatan untuk Memudahkan Akses Pelayanan Kesehatan", yang digelar di Politeknik Mercusuar Indonesia (Polimercia) Kediri, Sabtu (15/3/2025). 


Dalam sambutannya, Nurhadi menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan memiliki peran strategis dalam menjamin akses kesehatan masyarakat secara luas. Oleh karena itu, menurutnya, inovasi yang dilakukan harus mampu menjawab tantangan di lapangan.


"Kami di Komisi IX DPR RI terus mendorong BPJS Kesehatan agar semakin meningkatkan mutu layanan. Harus ada inovasi yang benar-benar memudahkan masyarakat, terutama dalam hal pendaftaran, rujukan, dan layanan di fasilitas kesehatan," ujar Nurhadi.


Ia juga menyoroti pentingnya sinergi antara BPJS Kesehatan dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk pemerintah daerah dan fasilitas kesehatan, agar layanan JKN bisa lebih optimal.


"Jangan sampai peserta BPJS mengalami kesulitan dalam mengakses layanan hanya karena prosedur yang berbelit. Kami ingin ada perbaikan di semua lini, baik dari segi teknologi, administrasi, hingga peningkatan kapasitas tenaga medis," tambahnya.


Selain Nurhadi, acara ini juga dihadiri oleh Khusnul Arif, S.Sos. (Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur), Antox Prapungka Jaya (Anggota DPRD Kabupaten Kediri), serta sejumlah pejabat BPJS Kesehatan. Dalam sesi diskusi, peserta aktif menyampaikan masukan dan keluhan terkait pelayanan BPJS Kesehatan di daerah mereka.


Menanggapi hal ini, Nurhadi berkomitmen untuk terus mengawal aspirasi masyarakat terkait layanan kesehatan di Komisi IX DPR RI. Ia juga mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam melakukan perbaikan layanan melalui berbagai inovasi digital, seperti aplikasi Mobile JKN dan layanan antrean online.


"Kami akan terus mengawal kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Jangan ragu untuk menyampaikan keluhan atau saran, karena ini demi perbaikan sistem kesehatan kita bersama," tutup Nurhadi.


Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, dokumentasi, serta menyanyikan lagu Bagimu Negeri sebagai bentuk komitmen bersama dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia. (Had). 

Bagikan:

Komentar