![]() |
Kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Bangkalan.(Dok/Istimewa). |
1. Universitas Trunojoyo Madura: Pilar Pendidikan Negeri
Gambaran Umum dan Sejarah: Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berdiri sebagai satu-satunya universitas negeri di Madura, didirikan pada tahun 2001 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 85. Pendiriannya bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Madura dan wilayah sekitarnya. Jejak sejarah UTM dapat ditelusuri kembali ke pendirian Akademi Pemerintahan Dati II Sumenep pada tahun 1964, yang kemudian bertransformasi melalui beberapa tahap hingga menjadi universitas komprehensif seperti saat ini. Transformasi UTM dari sebuah akademi menjadi universitas mencerminkan meningkatnya permintaan akan peluang pendidikan yang beragam dan maju di Madura. Statusnya sebagai satu-satunya universitas negeri menggarisbawahi peran pentingnya dalam infrastruktur pendidikan di wilayah tersebut. Awalnya berfokus pada pelatihan pemerintahan, evolusi UTM menunjukkan perluasan disiplin akademik dan kemampuan penelitian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas. Posisi UTM sebagai satu-satunya universitas negeri menjadikannya institusi kunci untuk pendidikan tinggi yang terjangkau di Madura.
Kekuatan dan Program Akademik: UTM menawarkan beragam program sarjana, diploma, dan pascasarjana di berbagai fakultas, termasuk Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Pendidikan, Ilmu Keislaman, dan Pascasarjana. Beberapa program spesifik yang disebutkan meliputi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Agroteknologi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris, dan Hukum Bisnis Syariah. Fakultas Teknik sendiri memiliki berbagai laboratorium yang melayani berbagai spesialisasi seperti Komputasi dan Sistem Cerdas, Multimedia Digital, Sistem Terdistribusi, dan Energi Terbarukan. Banyaknya dan beragamnya fakultas serta program menunjukkan komitmen UTM untuk menyediakan peluang pendidikan yang komprehensif, melayani berbagai minat dan jalur karir mahasiswa. Laboratorium khusus di bidang teknik menyoroti fokus pada pembelajaran praktis dan langsung. Keberadaan fakultas yang mencakup hukum, bisnis, pertanian, dan teknologi menunjukkan cakupan akademik yang luas, tipikal universitas komprehensif. Daftar program yang terperinci dan contoh spesifik laboratorium teknik menunjukkan pergerakan menuju pendidikan yang terspesialisasi dan relevan dengan industri. Diversifikasi ini memungkinkan UTM untuk melayani populasi mahasiswa yang lebih besar dengan minat yang bervariasi.
Fasilitas: UTM menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan dan pembelajaran mahasiswa, termasuk gedung serbaguna (auditorium), pusat kegiatan mahasiswa, lapangan olahraga, kantin, wisma tamu, masjid, koperasi mahasiswa, dan area parkir. Fasilitas akademik meliputi ruang kuliah yang dilengkapi dengan baik (31 ruang), perpustakaan dengan koleksi yang cukup besar (sekitar 25.000 item), dan berbagai laboratorium yang disesuaikan dengan disiplin ilmu yang berbeda. Universitas juga menawarkan layanan pendukung seperti bimbingan dan konseling, pengembangan keterampilan lunak, beasiswa, dan unit layanan kesehatan. Berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari gedung akademik dan laboratorium hingga layanan rekreasi dan pendukung, menunjukkan pendekatan holistik terhadap pengembangan dan kesejahteraan mahasiswa. Keberadaan masjid yang besar menunjukkan pentingnya kehidupan beragama di kampus. Keberadaan auditorium dan pusat kegiatan mahasiswa mengarah pada kehidupan kampus yang dinamis di luar kegiatan akademik. Perpustakaan yang lengkap dan laboratorium khusus sangat penting untuk pembelajaran dan penelitian yang efektif. Layanan pendukung seperti konseling dan beasiswa menunjukkan komitmen universitas terhadap keberhasilan mahasiswa.
Berita dan Prestasi Terbaru: UTM aktif menjalin berbagai kolaborasi, termasuk dengan IAIN Madura untuk memperkuat pendidikan tinggi dan dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) untuk menjajaki peluang penelitian, terutama di bidang energi terbarukan. Universitas telah menerima penghargaan, seperti Platinum dan Bronze di Brawijaya Halal Matric Award 2025 dan tiga penghargaan di acara DIKTISAINTEK 2024 (Emas untuk pelaporan PDDIKTI, Perak untuk hubungan masyarakat, dan Perunggu untuk kolaborasi industri). Mahasiswa juga meraih pengakuan internasional, terutama di bidang ilmu pertanian. UTM juga fokus pada internasionalisasi, menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Kolaborasi dan penghargaan terbaru UTM menyoroti reputasinya yang semakin meningkat dan komitmen terhadap keunggulan akademik, penelitian, dan keterlibatan masyarakat. Beasiswa untuk mahasiswa internasional menunjukkan dorongan menuju keterlibatan global dan keragaman. Kemitraan dengan institusi pendidikan dan lembaga penelitian lainnya menunjukkan pendekatan strategis untuk memperluas pengetahuan dan sumber daya. Penerimaan penghargaan di bidang-bidang seperti pelaporan, hubungan masyarakat, dan kolaborasi industri menunjukkan institusi yang dikelola dengan baik dan berdampak. Prestasi mahasiswa, terutama di tingkat internasional, mencerminkan kualitas pendidikan yang diberikan.
![]() |
Universitas Noor Huda Mustofa (NHM). (Dok/Istimewa). |
2. Universitas Noor Huda Mustofa: Keunggulan dalam Ilmu Kesehatan dan Lainnya
Gambaran Umum dan Sejarah: Universitas Noor Huda Mustofa (NHM) secara resmi memperoleh status universitas pada Februari 2024, menandai tonggak penting dalam sejarahnya. Sebelumnya dikenal sebagai STIKes Ngudia Husada Madura, peningkatan status ini menandakan cakupan dan kemampuan akademiknya yang diperluas. Institusi ini didirikan berdasarkan enam nilai inti (nilai NHM) dan bertujuan untuk menjadi universitas berbasis karakter terkemuka di bidang ilmu kesehatan di tingkat nasional pada tahun 2026. Peralihan status menjadi universitas baru-baru ini menggarisbawahi pertumbuhan dan ambisi NHM untuk menjadi penyedia pendidikan tinggi yang komprehensif, bergerak melampaui fokus awalnya sebagai sekolah tinggi ilmu kesehatan. Penekanan pada pendidikan berbasis karakter di samping ilmu kesehatan menunjukkan pendekatan holistik terhadap pengembangan mahasiswa. Perubahan nama dan status dari STIKes menjadi Universitas menandakan perluasan disiplin ilmu akademik yang ditawarkan. Penyebutan target tahun dan kepemimpinan nasional dalam ilmu kesehatan menunjukkan arah strategis yang jelas bagi institusi.
Kekuatan dan Program Akademik: NHM memiliki fokus yang kuat pada program-program terkait kesehatan, termasuk S1 Keperawatan, Farmasi (Klinis dan Komunitas), Kebidanan, Administrasi Kesehatan, dan Bisnis Kesehatan, serta program DIII Teknologi Laboratorium Medik dan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Universitas juga memperluas penawarannya dengan memasukkan program S1 Kewirausahaan dan Bisnis Digital, serta program S2 Administrasi Kesehatan. Kurikulum menekankan pembelajaran berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan kesehatan yang terampil dan profesional. Kekuatan inti NHM terletak pada rangkaian program ilmu kesehatan yang komprehensif, memenuhi kebutuhan penting di wilayah tersebut. Pengenalan program-program terkait bisnis menunjukkan diversifikasi portofolio akademiknya untuk melayani aspirasi karir yang lebih luas. Daftar rinci program S1 dan DIII terkait kesehatan menyoroti spesialisasi di sektor ini. Penambahan kewirausahaan, bisnis digital, dan S2 administrasi kesehatan menunjukkan ekspansi strategis ke bidang lain yang relevan.
Fasilitas: NHM menyediakan fasilitas penting bagi mahasiswanya, termasuk perpustakaan , ruang kuliah, dan laboratorium untuk pembelajaran praktik di bidang ilmu kesehatan (tersirat dalam deskripsi program). Universitas juga memiliki auditorium untuk seminar dan lokakarya. Meskipun rincian spesifik tentang semua fasilitas terbatas dalam kutipan yang diberikan, keberadaan perpustakaan, ruang kuliah, dan laboratorium ilmu kesehatan sangat mendasar untuk program-program yang ditawarkan. Auditorium menunjukkan tempat untuk acara akademik dan ko-kurikuler. Penyebutan perpustakaan adalah standar untuk setiap institusi pendidikan tinggi. Mengingat fokus pada ilmu kesehatan, laboratorium yang dilengkapi dengan baik sangat penting untuk pelatihan praktik di bidang keperawatan, farmasi, dan teknologi medis.
Berita dan Prestasi Terbaru: Universitas merayakan pendirian resminya sebagai Universitas Noor Huda Mustofa pada Februari 2024. Mahasiswa NHM aktif berpartisipasi dalam inisiatif pengabdian masyarakat (KKN), dengan fokus pada peningkatan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Institusi ini telah mencapai akreditasi untuk berbagai program studinya. Dua dosen dilantik menjadi profesor pada Februari 2025, menandakan pertumbuhan keahlian akademik. NHM juga terlibat dalam berbagai kolaborasi, termasuk dengan Universitas Trunojoyo Madura. Status universitas baru-baru ini, pelantikan profesor, dan keterlibatan aktif dalam pengabdian masyarakat menyoroti lintasan naik NHM dan komitmen terhadap kemajuan akademik dan dampak sosial. Kolaborasi dengan universitas lain menunjukkan kesediaan untuk bermitra demi pertumbuhan bersama. Mendapatkan status universitas adalah pencapaian signifikan yang menunjukkan kematangan institusional dan mandat akademik yang lebih luas. Pengangkatan profesor menandakan tingkat kualifikasi akademik yang tinggi di dalam fakultas. Program pengabdian masyarakat menunjukkan komitmen untuk menerapkan pengetahuan demi manfaat masyarakat.
![]() |
Kampus Institut Agama Islam Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan.(Dok/Istimewa). |
3. Institut Agama Islam Syaichona Mohammad Cholil: Memelihara Keilmuan Islam
Gambaran Umum dan Sejarah: Institut Agama Islam Syaichona Mohammad Cholil (IAI Syaichona) memiliki sejarah yang kaya yang berakar pada tradisi keilmuan Islam di Madura. Institusi ini berevolusi dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syaichona Moh. Cholil, yang didirikan pada tahun 2007 sebagai peningkatan status dari STIT Syaichona Moh. Cholil, yang didirikan oleh Syeikh KHS. Abdullah Schal (alm). Pendirian institusi ini mencerminkan aspirasi Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil untuk menumbuhkembangkan tradisi keagamaan dalam masyarakat. Peralihan dari STAI menjadi Institut Agama Islam (IAI) merupakan tonggak penting, yang secara resmi ditandai pada Februari 2025. Hubungan mendalam institusi dengan Syaichona Mohammad Cholil yang terhormat dan akarnya dalam tradisi pesantren yang mapan menyoroti komitmennya untuk melestarikan dan memajukan keilmuan Islam. Peningkatan status menjadi institut baru-baru ini menandakan kematangan akademiknya yang semakin berkembang dan misi yang lebih luas dalam pendidikan tinggi Islam. Penamaan setelah tokoh Islam terkemuka menunjukkan landasan ideologis yang kuat. Kemajuan dari STIT ke STAI dan akhirnya ke IAI menunjukkan pertumbuhan dan perluasan penawaran akademik dan kemampuan penelitian yang konsisten dalam ranah studi Islam.
Kekuatan dan Program Akademik: IAI Syaichona berfokus pada program-program di bidang studi Islam, termasuk Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syari'ah (ESy), dan Hukum Pidana Islam (HPI). Institut ini juga meluncurkan program S1 baru dalam Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kurikulum dirancang untuk mengintegrasikan pengetahuan Islam tradisional dengan pendekatan pendidikan modern. Spesialisasi dalam program studi Islam memposisikan IAI Syaichona sebagai institusi kunci bagi mahasiswa yang mencari pengetahuan mendalam di bidang-bidang ini. Pengenalan Manajemen Pendidikan Islam mencerminkan pendekatan kontemporer terhadap administrasi pendidikan dalam kerangka Islam. Penawaran program yang spesifik dalam Pendidikan Bahasa Arab, Ekonomi Islam, dan Hukum Pidana Islam selaras dengan fokus institusi pada studi Islam. Penambahan Manajemen Pendidikan Islam menunjukkan adaptasi terhadap kebutuhan pendidikan modern sambil mempertahankan identitas Islamnya.
Fasilitas: IAI Syaichona menyediakan fasilitas yang kondusif untuk pembelajaran Islam, termasuk perpustakaan, ruang pertemuan representatif, laboratorium bahasa (termasuk bahasa Arab), laboratorium micro teaching, laboratorium moot court dan HPI, serta masjid (Musholla Syaichona Moh. Cholil). Institut ini juga menawarkan asrama bergaya pesantren (untuk mahasiswa putra dan putri) dan koperasi mahasiswa (Koperasi Pesantren). Fasilitas ini sangat sesuai untuk mendukung program akademik spesifik yang ditawarkan, terutama laboratorium bahasa untuk studi bahasa Arab dan moot court untuk hukum pidana Islam. Asrama pesantren menunjukkan komitmen untuk membina lingkungan belajar Islam tradisional. Keberadaan laboratorium bahasa sangat penting untuk program bahasa Arab. Moot court khusus untuk hukum pidana Islam memberikan pelatihan praktis bagi mahasiswa HPI. Ketersediaan asrama pesantren memperkuat hubungan institusi dengan pendidikan Islam tradisional.
Berita dan Prestasi Terbaru: Institut ini berhasil bertransformasi menjadi Institut Agama Islam (IAI) pada Februari 2025. Mahasiswa aktif terlibat dalam kegiatan akademik dan budaya, termasuk menerjemahkan buku tentang ajaran Syaikhona ke dalam bahasa Inggris , berpartisipasi dalam acara bahasa Arab tingkat nasional , dan menyelenggarakan seminar nasional. Institut ini berfokus pada peningkatan kualitas, dengan program Ekonomi Syari'ah menjalani penilaian akreditasi. IAI Syaichona juga menjalin berbagai kolaborasi, termasuk dengan Universitas Trunojoyo Madura. Keberhasilan transisi ke status IAI menandakan periode pertumbuhan dan perkembangan. Keterlibatan aktif mahasiswa dalam penerjemahan dan acara nasional menunjukkan budaya akademik yang dinamis dan komitmen untuk mempromosikan keilmuan Islam di luar tingkat lokal. Fokus pada akreditasi menunjukkan dorongan untuk penjaminan mutu. Pencapaian status IAI mencerminkan peningkatan kapasitas untuk menawarkan berbagai program yang lebih luas dan melakukan penelitian yang lebih maju. Inisiatif yang dipimpin mahasiswa seperti proyek penerjemahan dan partisipasi dalam acara nasional menunjukkan dampak institusi dan keterlibatan mahasiswa dengan bidang studi mereka.
![]() |
Kampus STKIP PGRI Kabupaten Bangkalan.(Dok/Istimewa). |
4. STKIP PGRI Bangkalan: Memberdayakan Calon Pendidik
Gambaran Umum dan Sejarah: STKIP PGRI Bangkalan adalah sekolah tinggi keguruan swasta yang didirikan pada tahun 1978, menjadikannya institusi pendidikan tinggi tertua yang didedikasikan untuk pendidikan guru di Kabupaten Bangkalan. Institusi ini beroperasi di bawah naungan YPLP-PT PGRI Bangkalan. Misi sekolah tinggi ini adalah untuk mengembangkan dan memajukan diri sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang terpercaya, selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tuntutan kebutuhan pembangunan. Dengan sejarahnya yang panjang, STKIP PGRI Bangkalan telah memainkan peran penting dalam membentuk profesi guru di wilayah tersebut. Komitmennya untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat menggarisbawahi relevansinya dalam pendidikan modern. Didirikan pada tahun 1978 menyoroti keberadaan dan pengalamannya yang telah lama dalam pendidikan guru. Beroperasi di bawah PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) menandakan hubungan langsung dengan profesi guru. Fokus pada keselarasan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat menunjukkan pendekatan yang berorientasi ke masa depan.
Kekuatan dan Program Akademik: STKIP PGRI Bangkalan menawarkan tujuh program studi S1 terakreditasi yang berfokus pada pendidikan guru, termasuk: Pendidikan Ekonomi, Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Pendidikan Olahraga. Sekolah tinggi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berpengetahuan di bidangnya masing-masing tetapi juga terampil dalam praktik pedagogis dan penggunaan teknologi dalam pendidikan. Beragamnya program pendidikan guru melayani berbagai spesialisasi mata pelajaran yang dibutuhkan dalam sistem pendidikan. Penekanan pada keterampilan pedagogis dan integrasi teknologi memastikan lulusan siap menghadapi tuntutan pengajaran modern. Menawarkan program di bidang-bidang inti seperti matematika, bahasa, ekonomi, dan pendidikan kewarganegaraan menunjukkan pendekatan yang komprehensif dalam persiapan guru. Menyoroti keterampilan pedagogis dan penggunaan teknologi menunjukkan pemahaman akan persyaratan pendidikan kontemporer.
Fasilitas: STKIP PGRI Bangkalan menyediakan fasilitas untuk mendukung program pendidikan gurunya, termasuk laboratorium bahasa, laboratorium micro teaching, laboratorium komputer, perpustakaan dengan koleksi terbaru, fasilitas olahraga (lapangan basket, ruang fitness), dan Wi-Fi gratis. Sekolah tinggi ini juga memiliki ruang kuliah, area parkir mahasiswa, kantin, dan gedung serbaguna (Graha STKIP). Fasilitas ini dirancang khusus untuk mendukung aspek praktis dari pelatihan guru, seperti laboratorium micro teaching untuk melatih keterampilan mengajar dan laboratorium bahasa untuk pendidikan guru bahasa. Ketersediaan fasilitas olahraga dan Wi-Fi berkontribusi pada kesejahteraan mahasiswa dan akses ke informasi. Laboratorium micro teaching sangat penting bagi calon guru untuk berlatih dan menyempurnakan teknik mengajar mereka. Laboratorium bahasa dan komputer mendukung pelatihan khusus mata pelajaran. Penyertaan fasilitas rekreasi menunjukkan fokus pada kehidupan mahasiswa yang seimbang.
Berita dan Prestasi Terbaru: STKIP PGRI Bangkalan telah menerima pengakuan sebagai perguruan tinggi dengan tata kelola terbaik di antara institusi non-universitas di Jawa Timur. Sekolah tinggi ini aktif menjalin kolaborasi, termasuk dengan Universiti Kebangsaan Malaysia untuk meningkatkan kualitas di berbagai bidang pendidikan. Mahasiswa telah meraih keberhasilan dalam berbagai kompetisi, termasuk di bidang perdagangan komoditas digital dan penulisan puisi. Sekolah tinggi ini juga menerima penghargaan untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan kolaborasinya. Sejumlah besar lulusannya bekerja sebagai guru di Bangkalan dan Madura (sekitar 95%), menyoroti dampak lokalnya yang kuat. Prestasi STKIP PGRI Bangkalan dalam tata kelola dan tingginya tingkat penyerapan lulusannya sebagai guru menggarisbawahi efektivitas dan reputasinya yang kuat di wilayah tersebut. Keberhasilan mahasiswa di berbagai bidang menunjukkan lingkungan pendidikan yang mendukung dan menyeluruh. Menerima penghargaan untuk tata kelola terbaik menandakan manajemen institusi yang efisien dan efektif. Tingginya tingkat penyerapan lulusan sebagai guru secara langsung mencerminkan keberhasilan sekolah tinggi dalam memenuhi misinya. Kolaborasi dengan universitas internasional dan prestasi mahasiswa dalam kompetisi semakin meningkatkan reputasinya.
![]() |
STAI Darul Hikmah.(Dok/Istimewa). |
5. STAI Darul Hikmah: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam dan Pendidikan Modern
Gambaran Umum dan Sejarah: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Hikmah Bangkalan didirikan pada tahun 2003. Institusi ini beroperasi di bawah Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah, mencerminkan hubungannya yang kuat dengan pendidikan pesantren. Institusi ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pendidikan modern untuk menghasilkan lulusan yang berpengetahuan dalam ilmu-ilmu keislaman dan dilengkapi dengan keterampilan kontemporer. Pendirian STAI Darul Hikmah di lingkungan pesantren menyoroti komitmennya terhadap pendidikan Islam tradisional. Tujuannya untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pendidikan modern memposisikannya sebagai institusi yang berupaya menjembatani pembelajaran tradisional dan kontemporer. Menjadi bagian dari yayasan yang terkait dengan pondok pesantren menunjukkan penekanan yang kuat pada pendidikan agama dan pengembangan karakter. Tujuan integrasi yang dinyatakan menunjukkan pendekatan yang seimbang untuk mempersiapkan siswa menghadapi kehidupan modern sambil berlandaskan prinsip-prinsip Islam.
Kekuatan dan Program Akademik: STAI Darul Hikmah Bangkalan menawarkan program-program di bidang studi Islam, termasuk Ilmu Al-Qur'an & Tafsir (Studi dan Interpretasi Al-Qur'an) dan Ilmu Hadis (Studi Hadis). Sekolah tinggi ini juga menawarkan program Ekonomi Syariah. Kurikulum dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang ajaran Islam dan penerapannya dalam masyarakat kontemporer. Fokus pada Studi Al-Qur'an, Studi Hadis, dan Ekonomi Islam selaras dengan identitas institusi sebagai penyedia pendidikan tinggi Islam. Program-program ini melayani mahasiswa yang mencari pengetahuan khusus dalam disiplin ilmu inti Islam. Menawarkan program secara khusus dalam studi Al-Qur'an dan Hadis mencerminkan komitmen terhadap teks-teks dasar Islam. Penyertaan Ekonomi Islam menjawab meningkatnya minat pada praktik keuangan yang sesuai dengan Syariah.
Fasilitas: STAI Darul Hikmah Bangkalan menyediakan fasilitas untuk mendukung program akademiknya, termasuk ruang kuliah, perpustakaan , dan masjid. Sekolah tinggi ini juga memiliki fasilitas olahraga dan akses Wi-Fi gratis. Fasilitas, meskipun mungkin tidak seluas universitas yang lebih besar, menyediakan infrastruktur penting untuk pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan Islam. Penyertaan masjid menggarisbawahi pentingnya praktik keagamaan di kampus. Fasilitas akademik standar seperti ruang kuliah dan perpustakaan diperlukan untuk setiap institusi pendidikan tinggi. Keberadaan masjid sangat signifikan bagi sekolah tinggi Islam.
Berita dan Prestasi Terbaru: Semua program studi di STAI Darul Hikmah Bangkalan berhasil meraih akreditasi "Baik" pada akhir tahun 2022. Sekolah tinggi ini aktif terlibat dalam program pengabdian masyarakat (KKN). Dosen terlibat dalam penelitian dan publikasi di bidang studi Islam. Institusi ini merayakan ulang tahun ke-10 pada tahun 2022, mengakui tokoh-tokoh pendirinya. Pencapaian akreditasi untuk semua programnya menunjukkan komitmen STAI Darul Hikmah terhadap kualitas akademik. Keterlibatan dosen dalam penelitian berkontribusi pada kemajuan pengetahuan Islam, dan program pengabdian masyarakat menyoroti tanggung jawab sosialnya. Akreditasi adalah indikator utama standar akademik dalam pendidikan tinggi. Kegiatan penelitian oleh anggota fakultas meningkatkan reputasi ilmiah institusi. Program pengabdian masyarakat menunjukkan komitmen untuk menerapkan nilai-nilai Islam untuk kepentingan masyarakat.
Kesimpulan:
Lima kampus yang menjadi sorotan penulis kali ini – Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Noor Huda Mustofa, Institut Agama Islam Syaichona Mohammad Cholil, STKIP PGRI Bangkalan, dan STAI Darul Hikmah – mewakili lanskap pendidikan tinggi yang beragam dan dinamis di Bangkalan, Madura. Universitas Trunojoyo Madura, sebagai satu-satunya universitas negeri di wilayah tersebut, menawarkan spektrum disiplin ilmu akademik yang luas dan membuat kemajuan signifikan dalam penelitian dan kolaborasi internasional. Universitas Noor Huda Mustofa, dengan fokus yang kuat pada ilmu kesehatan dan peningkatan status menjadi universitas baru-baru ini, siap menjadi institusi terkemuka di sektor kesehatan dan di luar itu. Institut Agama Islam Syaichona Mohammad Cholil, yang berakar pada tradisi keilmuan Islam yang kaya dan kini menjadi institut, terus memelihara pembelajaran Islam dan berkontribusi pada pemahaman ajaran Islam. STKIP PGRI Bangkalan memiliki sejarah panjang dalam memberdayakan calon pendidik dan memiliki tingkat penyerapan lulusan yang tinggi dalam profesi guru di wilayah tersebut. STAI Darul Hikmah mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pendidikan modern, memberikan mahasiswa landasan yang kuat dalam ilmu-ilmu keislaman dan keterampilan kontemporer yang relevan. Bersama-sama, kelima institusi ini menawarkan banyak peluang bagi calon mahasiswa di Bangkalan, Madura, mapupun di luar Madura, masing-masing berkontribusi secara unik pada pengembangan intelektual, profesional, dan spiritual generasi masa depan wilayah tersebut.
(Penulis : Zainal Arifin, Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya)
Komentar