> Memasuki Lebaran Idul Adha, Dinas Peternakan Bangkalan Gencar Melakukan Pemeriksaan Hewan Qurba Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Memasuki Lebaran Idul Adha, Dinas Peternakan Bangkalan Gencar Melakukan Pemeriksaan Hewan Qurba

Rabu, 07 Agustus 2019 | 15.02 WIB

Bangkalan - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke penjual hewan sapi dan kambing di Kelurahan Pangeranan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Rabu (7/8/2019).

Menurut Kepala Bidang Kesmavet Dinas Peternakan Bangkalan Siti Sumira bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang dinyatakan sehat serta dinyatakan masuk dalan 3 kriteria hewan kurban.

"Semuanya masuk dalam 3 kriteria hewan kurban yang diantaranya sehat, cukup umur, dan tidak cacat". Jelasnya

Ira juga mengungkapkan telah melakukan pemeriksaan fisik diantaranya dari temperatur suhu tubuh, gerakan, dan keadaan kulitnya.

"Kami lakukan pemeriksaannya dari suhu tubuh, gerakan, dan kulitnya. Jika dari gerakan sudah agresif semua, juga pada anus kita liat diare atau tidaknya, kemudian pada umur dibuka satu persatu giginya sudah poel atau tidak, dan yang terakhir cacat atau tidaknya kita liat dari tubuhnya", ungkapnya

Ia juga menambahkan bahwa akan memberikan surat keterangan kesehatan hewan kurban kepada pemilik jika memuhi kriteria-kriterianya.

"Pemilik akan di berikan surat keterangan kesehatan hewan kurban, jika 13 ekor maka kami akan memberikan semuanya", pangkasnya

Ira juga menambahkan bahwa Dinas Peternakan Bangkalan telah melakukan pemeriksaan di beberapa pasar Kabupaten Bangkalan dengan tujuan pemantauan dan pengawasan agar masyarakat membeli hewan kurban aman dan sehat.

"Kita sudah lakukan pemeriksaan di beberapa pasar seluruh bangkalan, jika sehat kita beri surat keterangan sehat dan jika sakit maka kita tangani agar tidak di jual terlebih dahulu", tambahnya. (yud/hal)

Bagikan:

Komentar