> Acik : Perkaderan Ruh Organisasi di Era 4.0
|
Menu Close Menu

Acik : Perkaderan Ruh Organisasi di Era 4.0

Minggu, 25 Oktober 2020 | 13.19 WIB

 

Muhammad Hasip, S.T, Ketua DPD GPN Sumenep saat memberikan orasi pada acara Pelantikan Pengurus HMI Cabang Bangkalan Komisariat Teknik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Periode 2020-2021. (Dok/Istimewah)

lensajatim id Bangkalan- Perkaderan merupakan ruh dari sebuah organisasi manapun, termasuk dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).


Pernyataan tersebut disampaikan oleh Muhammad Hasip, S.T saat memberikan orasi pada acara Pelantikan Pengurus HMI Cabang Bangkalan Komisariat Teknik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Periode 2020-2021. Sabtu (24/10/2020).


Alumnus HMI UTM yang akrab disapa Acik ini lalu menjelaskan bahwa ditengah kegaduhan berbagai fenomena yang terjadi saat ini, maka semakin banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh kader-kader HMI.


Acik menuturkan dalam kaidah organisasi perjuangan HMI ada tiga landasan penting yaitu, keumatan, kebangsaan dan kemahasiswaan. " Maka tiga hal inilah yang harus tertanam dalam diri masing-masing kader HMI sebagai  spirit dan semangat juang dalam menjawab tantangan setiap problematika yang terjadi," tandas pria kelahiran Sumenep ini.


Kata Acik, tempat untuk menempa kader HMI dalam menanamkan tiga landasan penting itu adalah dalam proses perkaderan. " Makanya  perkaderan menjadi ruh dalam sebuah organisasi seperti HMI, termasuk di Era 4.0 ini, " terang Ketua DPD Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kabupaten Sumenep.


Untuk itu, Acik berharap HMI Komisariat Teknik UTM sebagai ujung tombak perkaderan maka harus fokus untuk mengurus perkaderan.  " Jangan sampai ada pihak-pihak mempolitisir urusan perkaderan hanya demi kepentingan pribadi dan kelompok tertentu," pungkas Acik dalam acara yang bertema  "Rekonstruksi Semangat Juang HMI dalam menjawab Tantangan era 4.0". (Had)

Bagikan:

Komentar