> UT Fokus Kembangkan Pusat Pengelolaan Mamin dari Siwalan Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

UT Fokus Kembangkan Pusat Pengelolaan Mamin dari Siwalan

Kamis, 01 Oktober 2020 | 20.17 WIB

Program Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) Universitas Terbuka (UT) Surabaya di Dusun Tinggina, Batang-Batang Daya, Sumenep


lensajatim id Sumenep-  Universitas Terbuka (UT) Surabaya lewat program Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) fokus mengembangkan mengolah makanan dan minuman dari bahan dasar Siwalan. Kegiatan Pengelolaan Produk Siwalan ini dilakukan di Dusun Tinggina, Desa Batang-batang Daya, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep Jawa Timur, 29-30 September 2020. 


Menurut Sucipto, Dosen Prodi Pariwisata UT Surabaya menjelaskan kegaiatan tersebut fokus pada pelatihan pembuatan sirup, minuman wedang legen, jelly. Semua produk dibuat berbahan dasar siwalan.


Dengan, harapan upaya inovasi tersebut mampu meningkatkan kemampuan masyarakat, meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat olahan Mamin dari Siwalan sehingga bisa memiliki nilai ekonomi tinggi." Siwalan ini sangat potensi sekali untuk dikembangkan menjadi produk unggulan Desa Batang-Batang Daya," tandas Sucipto. 


Sedang dalam kegiatan tersebut, praktik pembuatan Mamin dari Siwalan dipandu langsung oleh Siti Nuurlaily Rukmana, selaku dosen PWK UNIPA Surabaya.


Adapun peserta kegiatan merupakan Ibu-ibu dari Desa tersebut, juga ada dari wakil PKK, Ketua Pokja 2 Bidang Sandang Pangan dan Pokja 1 Bidang Keagamaan.


Salah satu Wakil Ketua PKK yang hadir dikegiatan tersebut mengaku senang, serta berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi masyarakat lokal. Bahkan, ia akan berusaha mempromosikan hasilnya ditingkat Kecamatan. Tak hanya itu, pihaknya juga akan berusaha menggunakan produk olahan dari Siwalan pada kegiatan-kegiatan PKK. (Had)


Bagikan:

Komentar