|
Menu Close Menu

DR Rizal Ramli Dan Cita Cita Pendiri Gontor

Sabtu, 06 Maret 2021 | 13.20 WIB




Oleh : KH. Dr. Iqbal Kliwo 


Pendiri pesantren Modern Gontor pada tahun 1926 (3 bersaudara) KH Ahmad Sahal, KH Imam Zarkasyi dan KH Zainuddin  Fannany. Mereka bercita-cita mendirikan, membangun dan melahirkan  generasi dan pemimpin bangsa yang tangguh, yang kreatif, inovatif, mandiri dan aktif serta patriotik yang beremphaty pada rakyat dan bangsa Indonesia demi kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bersama. 


Jiwa yang bebas dari ikatan kelompok ormas, tidak NU dan tidak Muhammadiyah, dengan slogan _berdiri diatas dan untuk semua golongan/Trimurti Gontor._ Generasi yang ikut didalam membangun bangsa dengan ilmu dan kreatifitas mandiri, bukan menjadi babu karena jabatan dan kedudukan, generasi bangsa yang mampu mencipta lapangan pekerjaan, bukan generasi proposal. 


Hal ini ditegaskan oleh para pendiri Gontor kepada para santrinya dengan semboryan; (jangan bercita-cita jadi pegawai negeri dan apabila menjadi pegawai negeri, maka jangan bermental robot/ KH Imam Zarkasyi). Bermental robot yang hanya bekerja atas suruhan atasan, dan demi kepuasan atasan, sehingga tidak punya nurani/ kreasi dan menjadi suruhan para atasan hanya mendapat kesenangan sedikit.


Jelas yang menjadi prinsip dan falsafah hidup sebagai seorang warga negara yang di gembleng oleh para pendiri Gontor itu sangat nyata  dalam jiwa dan sikap serta watak dan perjuangan seorang Rizal Ramli. Independen tidak terlibat  secara formal pada Parpol apapun.

 

Dari pengamatan terhadap track record dan pergerakannya Rizal Ramli  yang dikenal dengan panggilan RR tidak bermental mencari jabatan dan kedudukan. Teruji punya integritas disaat menjadi pejabat tidak cacat dan tergoda korup, tidak berjiwa robot, bahkan RR gunakan kedudukan secara maksimal untuk berpihak terhadap kepentingan bangsa dan rakyat, walau dengan resiko kehilangan jabatan/ dipecat. 


Bahkan diluar pemerintahan pun RR tetap berperan sangat aktif, kreatif dan inovatif mengkritisi dan memberi solusi segala yang terkait kepentingan bangsa dan rakyat. Fakta RR sangat terlihat sejak keluar dari pemerintahan, hingga saat ini telah berkontribusi nyata bahkan mengambil alih fungsi DPR sebagai check and balance tanpa biaya. Malah rela untuk dihujat dan dimaki oleh para buzzer sewaan.  


Penulis ketika membaca banyak biografi dan track record DR Rizal Ramli, memberi kejelasan bagi penulis bahwa anak bangsa ini berkaliber, berbobot berbibit berbabat, serta punya integritas. Seperti DR Rizal Ramli inilah yang di cita citakan oleh para pendiri Gontor. Artinya DR Rizal Ramli ini adalah alumni dari cita-cita para pendiri Gontor. Penulis tidak sabar untuk menghadirkan DR Rizal Ramli ke Gontor dan mempertemukan dengan para Kyai pimpinan Gontor pada tahun 2017.


Dalam perjalanan bersama dari bandara Solo menuju Gontor, penulis sangat kaget penuh bahagia, setelah mendengar dari DR Rizal Ramli sendiri bahwa DR Rizal Ramli pernah menginap di Gontor selama 7 hari pada tahun 1976 saat masih mahasiswa di ITB Bandung. Saat itu DR Rizal Ramli dalam perjalanan kajian lapangan di kawasan Jawa Timur untuk melihat realita pendidikan Indonesia saat itu. RR begitu beliau dipanggil sangat kagum pada sistim pendidikan Gontor sehingga beliau memutuskan untuk menginap selama 7 hari, mengecapi semua regulasi pendidikan dalam program seminggu. 


Dalam kunjungan bersama penulis tahun 2017 selama 3 hari 2 malam ke Gontor, DR Rizal Ramli memaksimalkan waktunya untuk bertemu dengan semua kalangan dengan 6 program di 4 lokasi Gontor yang berbeda dan berjarak. Gontor Putri Kampus 1 di Mantingan-Ngawi, Gontor Pusat (Putra Kampus 1) Ponorogo, Kampus Universitas Darussalaam Gontor desa Siman Ponorogo dan Gontor Putra Kampus 3 di Kediri.


Disaat silatuurahim dengan KH Hasan Abdullah Sahal di rumah pimpinan pondok Gontor, terlihat sangat akrab seakan tidak asing. Sebab kedekatan karakter dan watak serta cita cita dan mental perjuangan. Bangganya seorang pimpinan Gontor begitu mengetahui bahwa DR Rizal Ramli pernah menginap/ belajar 7 hari di Gontor. Dengan penuh bahagia, KH Hasan Abdullah Sahal menyampaikan bahwa, DR Rizal Ramli adalah anggota istimewa Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Gontor. IKPM adalah organisasi Ikatan Alumni yang di bawahi langsung oleh Gontor. 


Semoga cita cita pendiri Gontor agar Negara ini kelak dipimpin oleh anak bangsa yang berkaliber dan berkarakter, amanah, berintegritas, pro kepada kepentingan bangsa dan rakyat. Sesuai dengan cita cita kemerdekaan dan konstitusi dapat terwujud melalui seorang DR Rizal Ramli yang akan maju pada pilpres 2024 nanti. Insya Allah.


Kuala Lumpur, 5/3/2021


Penulis Alumnus Gontor dan Al Azhar Mesir

Bagikan:

Komentar