|
Menu Close Menu

Dua Kader Terbaik NasDem Masuk 15 Cagub Jatim Potensial 2024

Senin, 07 Juni 2021 | 12.46 WIB

Hasan Aminuddin dan Ach. Fadil Muzakki Syah (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Surabaya- Political Centre merilis 15 tokoh potensial sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur dalam gelaran Pilgub 2024 mendatang. Dua dari 15 tokoh tersebut tercatat sebagai  kader dari Partai NasDem Jawa Timur, yang saat ini sama-sama menjabat sebagai Anggota DPR RI.


Pertama adalah Hasan Aminuddin, berdasarkan dari sumber yang didapatkan redaksi,  Hasan Aminuddin saat ini adalah anggota DPR-RI periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari Fraksi Nasional Demokrat. 


Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Rakyat di Senayan dari Dapil Pasuruan-Probolinggo, Hasan juga  pernah menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode yakni 2003-2008 dan 2008-2013. Ia juga pernah menjadi ketua DPRD Kabupaten Probolinggo periode 1999-2003.


Di Partai NasDem, Hasan Aminuddin menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai NasDem, selain itu, Hasan juga diberi kepercayaan oleh Surya Paloh untuk menjadi Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta.


Kedua adalah K.H. Achmad Fadil Muzakki Syah, politisi yang akrab disapa Ra Fadil ini juga menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. Tidak hanya itu, di NasDem saat ini Ra Fadil juga dipercaya sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.


Sebelum bergabung di Partai NasDem, Putra dari Kiai Kondang  KH Muzakki Syah ini juga pernah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Seperti ramai diberitakan sebelumnya, berdasarkan rilis Hasil Focus Group Discussion (FGD) Political Centre sedikitnya ada 15 tokoh publik yang dianggap layak dan potensial bila maju dalam pertarungan pada Pilgub Jatim mendatang.


Direktur Eksekutif Political Centre, Nor Rahman menjelaskan bila dari FGD yang dilakukan oleh lembaganya, dari sekian tokoh yang menjadi perbincangan, akhirnya mengerucut pada 15 tokoh.


Penetapan tokoh tersebut, lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang akrab disapa Ainur ini, setelah  melalui proses diskusi dan kajian yang panjang dalam FGD. Selain itu juga mengacu pada beberapa hal, mulai ketokohan, pengalamannya dalam Pemerintahan (Legislatif ataupun Ekskutif), serta progresnya dalam menjalankan kepemimpinan ditiap level masing-masing.



15 Tokoh Potensial sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jatim 2024 itu. Di antaranya:

1. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

Sebagai Gubernur aktif yang masih baru menjabat periode pertama, tentu memiliki potensi untuk maju sebagai Cagub.

” Tinggal pilihannya mau kemana, lanjut sebagai Cagub atau naik level ke Capres atau Cawapres,” terang Ainur. Rabu (02/06/2021).


2. Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI)


Mantan Wali Kota Surabaya itu memiliki pengalaman dalam memimpin Kota Surabaya selama dua periode. Kepemimpinannya juga dinilai sukses oleh banyak kalangan.


“Bukan hanya dianggap layak di Jatim, tapi namanya juga sering muncul sebagai Cagub DKI Jakarta, dan bahkan juga masuk nominasi Capres,” papar pria peraih gelar Magister Administrasi Publik di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya ini.


3. Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jatim)

Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur, Emil juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek. Saat ini Emil juga sebagai Plt Partai Demokrat Jatim.


4. Hasan Aminuddin

Putra asli Probolinggo itu memiliki pengalaman cukup panjang dalam dunia politik di Jawa Timur.


“Pak Hasan ini pernah DPRD Probolinggo, Bupati Probolinggo dua periode, saat ini juga anggota DPR RI, jadi beliau juga sudah tidak diragukan lagi,” jelasnya.


5. Abdul Halim Iskandar.

Politisi yang akrab disapa Gus Halim saat ini menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Selain itu pernah menjabat Ketua DPRD Jatim, dan masih aktif sebagai Ketua DPW PKB Jatim.


6. Saifullah Yusuf

Saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Sebelumnya politisi yang akrab disapa Gus Ipul ini pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode berturut-turut.


7. Heru Tjahjono

Pria yang saat ini menjadi Plh Sekda Provinsi Jawa Timur memiliki pengalaman yang panjang dalam dunia birokrasi. Tidak hanya itu, Heru juga pernah menjabat sebagai Bupati Tulungagung selama dua periode.


8. Ridwan Hisyam

Politisi senior Partai Golkar yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI itu juga memiliki pengalaman politik yang cukup panjang. Bahkan pernah bertarung dalam Pilgub Jatim yang maju berpasangan dengan almarhum Sutjipto, Ridwan Hisjam maju sebagai Cawagub dalam Pilgub 2008 lalu.


9. Achsanul Qosasi

Mantan anggota DPR RI itu saat ini sedang menjabat sebagai  Anggota BPK RI. Pria kelahiran Sumenep, Madura ini selain berkiprah dalam dunia politik juga aktif memimpin klub sepak bola di Madura.


10. MH. Said Abdullah

Politisi PDIP itu saat ini menjabat sebagai Ketua Banggar DPR RI. Ia juga pernah maju dalam gelaran Pilgub Jatim berpasangan dengan Bambang DH.


11. Anwar Sadad


Wakil Ketua DPRD Jatim dan sekaligus Plt Ketua Partai Gerindra Jatim ini juga pengalamannya di dunia politik cukup matang, menjabat anggota DPRD Jatim sudah beberapa periode mulai sebelum berlabuh di Partai Garindra.


12. Muhammad Sarmuji

Selain sebagai Anggota DPR RI, saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jatim.


13. Baddrut Tamam

Politikus muda yang pernah menjadi Anggota DPRD jatim itu, saat ini menjabat sebagai Bupati Pamekasan.



14. K.H. Ach. Fadil Muzakki Syah

Anggota DPR RI yang akrab dipanggil Ra Fadil ini selain berpengalaman beberapa kali menjadi anggota DPR RI, beliau juga merupakan tokoh dari Pesantren ternama yang ada di Kabupaten Jember.


15. Thoriqul Haq

Saat ini menjabat Bupati Lumajang.  Bupati muda itu sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Jatim.


Airnur menegaskan, munculnya banyak tokoh yang berpotensi turut berkompetisi dalam Pilgub jatim 2024 itu menunjukkan bahwa Jatim memiliki banyak calon pemimpin, dan itu juga memberikan banyak pilihan ke masyarakat.



Menurut informasi yang di dapat redaksi, FGD yang dilakukan oleh Political Cantre pada bulan Mei beberapa kali, dengan beberapa kelompok pemuda dan kelompok strategis lainnya (Red)

Bagikan:

Komentar