|
Menu Close Menu

Komisi VIII Desak Pemerintah Segera Ambil Keputusan Soal Keberangkatan Jemaah Haji Indonesia 2021

Rabu, 02 Juni 2021 | 19.13 WIB

KH. Ach. Fadil Muzakki, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Surabaya-  Terkait belum adanya kepastian pemberangkatan  jemaah haji Indonesia tahun 2021 mendapat perhatian serius dari K.H. Ach. Fadil Muzakki selaku anggota Komisi VIII DPR RI.


Menurut politisi yang akrab disapa Ra Fadil dalam Rapat  antara Komisi VIII dengan Kementerian Agama RI dirinya sudah menyampaikan agar pemerintah segera mengambil keputusan yang tegas terkait nasib jemaah haji Indonesia 2021. " Saat rapat dengan Kemenag saya sudah sampaikan agar segera diambil keputusan," terang Ra Fadil saat dikonfirmasi media. Rabu (02/06/2021).


Keputusan itu berupa kepastian bisa berangkat atau tidak jemaah haji tahun 2021. Sebab, kata Ra Fadil, waktu pelaksanaan haji 2021 semakin dekat. " Kalau tidak segera ada kepastian ini kasihan masyarakat yang menunggu, segera lah," tandasnya.


Soal sikap Pemerintah yang juga masih menunggu dan terus melakukan lobi, menurut Ra Fadil itu harus ada batas waktu. "Kalau masih mau berupaya untuk melobi maka harus tentukan waktunya agar segara bisa diputuskan," ungkap politisi asal Partai NasDem ini.


Pihaknya khawatir, bila keputusan pemberangkatan diambil dalam waktu yang mepet juga bisa berakibat fatal terhadap pelaksanaan haji. " Saya berharap Presiden Jokowi turun tangan untuk melakukan Komunikasi dengan Raja Saudi Arabia, agar segera ada keputusan," bebernya.


Belum lagi, lanjut Ra Fadil, saat ini Arab Suadi menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sehingga nanti juga masih dibutuhkan waktu karantina dan segala macam.


Kabar terbaru, tidak ada nama Negara Indonesia diantara 11 Negara yang diizinkan masuk Arab Saudi. Ketika disinggung soal peluang keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2021, Ra Fadil mengaku kemungkinannya sangat kecil. " Bila melihat kondisi saat ini peluangnya kecil, waktunya semakin mepet," pungkasnya. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar