|
Menu Close Menu

Soal Kasus dr Lois, Ini Desakan Tokoh Jawa Timur

Rabu, 21 Juli 2021 | 06.09 WIB

Firman Syah Ali, Tokoh Muda NU Jawa Timur (Dok/Istimewa)

lensajatim.id Surabaya- Podcast Habib Muhammad Ali Ridho Assegaf (Babeh Aldo) dengan dr Lois ternyata banyak makan korban. Diantara korbannya adalah ayah Helmi Indra, warga Depok. Ayah Helmi Indra meninggal dunia gara-gara percaya hoax dr Lois. Ayah Helmi Indra menolak minum obat karena takut jadi korban interaksi antar obat. Setelah ayahnya meninggal, Helmi Indra kemudian curhat ke media, antara lain detik.com, cnbc dll. 


Komika Arie Kriting memgalami hal serupa, selama sakit Covid-19 tiada henti dia ditelepon kerabatnya diminta untuk tidak minum obat khawatir kena efek interaksi antar obat sebagaimana disampaikan oleh dokter Lois dalam podcast Habib Mohammad Ali Ridho Assegaf. 


Pegiat Media Sosial Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman akhirnya angkat bicara terkait fenomena korban podcast Habib Mohammad Ali Ridho Assegaf yang memang sering bersikap oposan terhadap pemerintah tersebut. Cak Firman menyebut banyak keluarga dan temannya yang percaya dr Lois, salah satu diantaranya saat ini sedang menjalani perawatan Covid-19, namun dia serba ketakutan.


"Ini tidak bisa didiamkan begitu saja, lumayan banyak orang yang percaya ucapan dokter Lois, terutama para Croc Brain, orang yang otaknya berkecenderungan menerima dan mempercayai hoax alias hewan pemamah hoax. Saya tidak mau jauh-jauh ke orang lain, saudara, kerabat dan teman-teman saya sendiri banyak yang percaya dr Lois, bahkan salah satu diantara mereka saat ini sedang dirawat karena Covid-19. Dia serba ketakutan di rumah sakit, takut disuntik mati, takut efek interaksi antar obat dll, ini semua akibat terlalu banyak hoax di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara kita" ucap Bendahara Umum PW IKA PMII Jatim tersebut.


"Intervensi pemerintah sangat penting saat ini. Pemerintah sebaiknya menjelaskan siapa dokter Lois dan menyampaikan sanggahan resmi terhadap pendapat dokter Lois yang telah disebarluaskan oleh Habib Mohammad Ali Ridho Assegaf melalui podcast. Jangan remehkan dr Lois, banyak sekali yang percaya dia" lanjut Pengurus Harian PW LP Ma'arif NU Jatim ini.


Cak Firman tak segan-segan menyebut beberapa faktor yang membuat banyak orang percaya dr Lois.  "Ada beberapa faktor yang membuat orang percaya dr Lois, pertama dia seorang dokter, kedua dia mengakui dirinya sebagai dokter hebat, ketiga dia good looking, keempat podcast itu diviralkan oleh seorang Habib alias keturunan Nabi Muhammad yang sudah lama malang melintang dalam dunia opini publik, kelima pendapat dia sengaja digoreng dan diviralkan oleh jejaring Bani Nyinyir alias Bani Hoax alias Bani Oposisi alias Bani Kadrun yang selama ini selalu menggoreng pendapat siapapun yang berlawanan dengan kebijakan negara. Bagi mereka yang penting berlawanan dengan negara, mereka tidak ngurus efek gorengannya yang membahayakan nyawa orang banyak. Maka pemerintah tidak bisa tinggal diam, tolong jelaskan kepada publik siapa dokter Lois dan bagaimana tanggapan pemerintah terhadap pendapat dr Lois" pungkas BPO HKTI Jatim ini. (Red)

Bagikan:

Komentar