|
Menu Close Menu

Viral Pernyataan Bupati Fauzi Pilkades Sumenep Berpotensi Ditunda, Ini Penjelasannya

Minggu, 04 Juli 2021 | 08.00 WIB

 

Gambar dalam potongan video saat Bupati Situbondo berkomunikasi dengan Bupati Sumenep saat memberikan penjelasan pada warga Sumenep yang hendak pulang ke pulau Ra'as Sumenep (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Sumenap-
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 08 Juli 2021 berpotensi ditunda. Kabar itu setelah viral beredar Video  pernyataan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi yang menyatakan Pilkades bakal ditunda.


Itu, disebabkan saat ini, Sumenep juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Maayarakat ( PPKM)  Darurat  dari tanggal 03-20 Juli 2021.


Berdasarkan video yang diterima redaksi, pernyataan Bupati yang akrab disapa Fauzi itu disampaikan saat melakukan komunikasi dengan Bupati Situbondo dan diperdengarkan kepada masyarakat Pulau Ra'as Kabupaten Sumenep yang hendak menyebrang di Pelabuhan Jangkar untuk pulang kampung karena ada gelaran Pilkades.


Dalam video tersebut, Fauzi menyatakan bahwa Pilkades ditunda dalam batas waktu yang tidak ditentukan." Kemungkinan Pilkades kita tunda dengan waktu tidak tahu kapan akan dilaksanakan karena PPKM Darurat sampai kapan berakhir,” jelas Fauzi dalam cuplikan video yang diterima redaksi Sabtu (03/07/2021) malam.


Fauzi menjelaskan bilah pihaknya menghimbau tidak boleh berkerumun juga tak boleh memobilisir massa jelang Pilkades sudah disampaikan kepada para Kades karena ada PPKM Darurat.



Sebab, sambung Bupati Fauzi, penderita covid-19 di Raas tertinggi di kepulauan Sumenep.

Ketik dikonfirmasi terkait pernyataan dalam video tersebut, Fauzi menuturkan bila suara dirinya dalam telpon yang video itu untuk merespon mobilisasi massa dari salah satu Cakades untuk menaiki kapal rute Raas di Pelabuhan Jangkar, Situbondo.


“Suara telpon itu untuk menaggapi kerumunan warga Raas yang tak bisa berangkat karena tak ada kapal. Itu warga Raas yang ada di Bali hendak ke Raas karena dimobilisir salah satu Cakades,” jelas Fauzi. Sabtu (03/07/2021) sebagaimana dilansir Mata Madura.


Menanggapi kepastian pelaksanaan Pilkades Sumenep akan digelar 8 Juli yang bersamaan dengan penerapan PPKM Darurat di Sumenep. Bupati Fauzi menyebut masih belum memberi keputusan karena masih rapat dengan DPMD Provinsi di Surabaya.


“Malam ini masih rapat di provinsi. Kita nunggu saja hasil rapat karena terkait Peremendagri. Semoga Senin ada kepastian soal pelaksanaan Pilkades Sumenep,” pungkasnya. (Red)

Bagikan:

Komentar