|
Menu Close Menu

Program Beasiswa, Pemkab Jember Siapkan 25 Miliar untuk 5000 Mahasiswa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19.04 WIB

Nur Hamid, Tim Beasiswa Pemkab Jember, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Jember-
Pemerintah Kabupaten (pemkab) Jember mencanangkan program beasiswa bagi 5000 mahasiswa melalui APBD 2021 sebesar 25 miliar.


Hal itu dikatakan Nur Hamid Tim Beasiswa Pemkab Jember yang juga Kepala Bidang  SMP Dispendik Jember, saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya, Selasa (19/10).


Hamid menjelaskan bahwa untuk program beasiswa itu diperuntukan bagi mahasiswa untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau biaya perkuliahan tiap semester saja.


"Ini (sekarang) biaya hidup tidak ada, hanya UKT. Jadi hanya biaya UKT bantuan yang kita berikan kepada mahasiswa penerima Beasiswa," jelasnya.


Hal itu lanjut Hamid, menyesuaikan dengan platform yang ada. “Untuk anggaran yang telah ditentukan sebesar 25 Miliar diperuntukan untuk 5000 Mahasiswa asal Jember,” ungkapnya. 


Ia menjlaskan bahwa proses penyeleksianya akan dilakukan oleh OPD “jadi yang menentukan layak dan tidaknya adalah OPD, Seperti Dispendukcapil dan Dinsos," terangnya


Menanggapi hal itu, Jer Bagian Kemahasiswaan Universitas Jember (Unej) mengaku bahwa Pemkab Jember, kabarnya hanya memberi bantuan UKT paling besar 5 juta . 


"Bantuan UKT itupun dibatasi maksimal 5 juta. Jadi walaupun UKT nya 10 juta atau 7 Juta dapatnya tetap 5 juta, kalau tidak salah seperti itu," ungkapnya


Hal itu, sejauh ini belum memperoleh respon dari mahasiswa terkait tidak adanya biaya hidup bagi penerima beasiswa Pemkab Jember, sebab memang belum ada pencairan. 


"Kalau sebelumnya, itu ada biaya hidup, tapi saat ini tidak ada, saya belum tahu tanggapan mahasiswa, karena belum cair." Tandasnya. (Ris)

Bagikan:

Komentar