|
Menu Close Menu

Ansor Cetak Kader Penggerak Handal Lewat PKD

Jumat, 10 Desember 2021 | 19.58 WIB

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) PC GP Ansor Pangkalpinang. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Pangkalpinang-
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pangkalpinang, Asep Maulana mengatakan, Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) diharapkan mampu melahirkan kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang andal.

 

"Kader yang siap mengawal dan menjadi dinamisator organisasi Ansor di tingkat pimpinan anak cabang," tegas Asep, saat membuka PKD Ansor di Asrama Haji kanwil kemenag Babel, Jumat, 10 Desember 2021. 

 

Dikatakan, banyak hal yang harus diketahui oleh peserta sebelum dinyatakan sah jadi kader Ansor, terutama masalah keorganisasian dan ideologi ahlussunnah wal jamaah.

 

"Selama pelatihan para peserta diberikan pemahaman untuk meraih kompetensi pelatihan yakni memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, keindonesian dan kebangsaan," ungkapnya.

 

Selain itu lanjutnya, ada juga materi tentang ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, amaliyah dan tradisi keagamaan di NU, manajemen keorganisasian, serta analisis sosial. "Terpenting adalah bagaimana nanti peserta ini mampu menghibahkan diri lahir batin untuk organisasi yang kita banggakan ini," ungkapnya.


Mewakili PW GP Ansor Babel, Irwandi Pasha dalam sambutannya mengingatkan, kaderisasi ini penting untuk dilaksanakan. "Makanya wajib dalam organisasi GP Ansor ini adalah kaderasi. tentu inilah beda dengan organisasi lainnya. Selanjutnya kedepan, kalian ini akan meneruskan pergerakan ini, karena ada batasan sebagai pengurus sesaui aturan-aturannya," beber Kasatkorwil Banser Babel kerap disapa Pasha ini.


Sementara dalam sambutan sekaligus membuka acara, ketua Dewan Penasehat PC GP Ansor Pangkalpinang, H. Firmantasi mengatakan pentingnya kaderisasi sebagai ajang silaturrahim serta mengabdi di Nahdlatul Ulama dan bersama menjaga NKRI. "Kami harap pada akhirnya peserta mambu bersama Sahabat-sahabat di PC Pangkalpinang bergerak dalam satu tujuan untuk mengabdi, mewakafkan diri di NU dan juga banomnya," tegasnya.


Kegiatan yang diikuti 39 peserta serta dihadiri oleh Dewan penasehat PW GP Ansor, sekretaris Wilayah, kasatkorwil banser, ketua kaderisasi, ketua MDS rijalul ansor. (Red).

Bagikan:

Komentar