|
Menu Close Menu

80,05 Persen Masyarakat Jatim Puas Kinerja Khofifah-Emil

Rabu, 16 Februari 2022 | 16.20 WIB

Baihaki Siraj, Direktur Eksekutif Accurate Research & Consulting Indonesia (ARC Indonesia) (baju merah) saat acara rilis hasil survei di salah satu Kafe di Surabaya. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya- Bertepatan dengan tiga tahun kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, ternyata mendapat apresiasi positif dari masyarakat Jawa Timur. Itu tercermin dari hasil survei terbaru  Accurate Research & Consulting Indonesia (ARC Indonesia). 


Baihaki Siraj, Direktur Eksekutif ARC Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya melakukan survei sejak 15-27 Januari 2022. Survei itu, kata Baihaki salah satunya terkait kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. 


Responden ketika disodorkan pertanyaan, Layanan birokrasi pemerintahan di Jawa Timur saat ini semakin baik, menurut anda kesetujuan dengan pernyataan tersebut ?


Secara keseluruhan kata Baihaki, masyarakat yang menjawab setuju (puas) itu mencapai 80,05 %, dan hanya 19,05 % yang menjawab tidak setuju. " Itu artinya mayoritas masyarakat Jatim puas dengan kinerja kepemimpinan Khofifah-Emil," jelas Baihaki saat diwawancara usai rilis survei ARC Indonesia di salah satu Kafe di Surabaya. Rabu, (16/02/2022).


Hasil tersebut, lanjut Baihaki bisa menjadi kado bagi Khofifah-Emil.  " Dari survei kami kepuasan publik itu ada kenaikan sekitar 3 % terhadap kinerja Khofifah-Emil, " tambahnya. 


Kenaikan tersebut, beber Baihaki, berdasarkan survai yang dilakukan sekitar Oktober 2021 dengan hasil survei terbarunya. " Berdasarkan temuan kami salah satu yang menjadi banyak mendapat respon positif dari Gubernur Jawa Timur adalah tanggap terhadap persoalan yang terjadi di Jatim, salah satunya seperti tanggap terhadap bencana yang terjadi di Jatim,"ungkapnya.



Selain itu, berdasarkan temuannya beberapa bidang yang dianggap bagus dalam kepemimpinan Khofifah-Emil adalah bidang kesehatan, pendidikan, pelayanan birokrasi. 


Baihaki menambahkan, dalam survei tersebut ARC Indonesia juga mengukur pergerakan partai politik di tingkat Provinsi Jawa Timur dan Calon Presiden yang diinginkan masyarakat Jatim di Pemilu 2024.


Pihaknya juga melakukan survei terhadap layanan publik pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jatim. Dan hasilnya, 6 Kabupaten/Kota yang layanan publiknya tertinggi. Sesuai urutannya, Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Kediri. (Had).

Bagikan:

Komentar