|
Menu Close Menu

Mengenal Sosok RB Fattah Jasin, Calon Wakil Bupati Pamekasan, Begini Profilnya

Senin, 14 Maret 2022 | 17.58 WIB

RB. Fattah Jasin, Calon Wakil Bupati Pamekasan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Calon Wakil Bupati Pamekasan yang akan menggantikan almarhum Raja'e akan segera ditentukan. Bila tidak ada halangan, pada tanggal 15 Maret 2022 panitia pemilihan (panlih) Calon Wakil Bupati Pamekasan akan melakukan penetapan.


Hal tersebut, setelah Panlih melakukan beberapa tahapan dalam proses pemilihan Calon Wakil Bupati. Mulai dari meneliti berkas calon, hingga melakukan verifikasi.


RB. Fattah Jasin, merupakan satu dari dua Calon Wakil Bupati Pamekasan yang nantinya akan dipilih oleh DPRD Pamekasan. Sebenarnya, siapa sosok Fattah Jasin, berikut profil singkat yang penting untuk dikenal oleh masyarakat, khususnya bagi warga Pamekasan.


Sebagaimana dilansir PamekasanChannel.com tanggal 26 Januari 2022, ternyata, sosok Fattah Jasin bukanlah figur baru bagi warga Pamekasan.  Sebab, Ia (Fattah Jasin) pernah menjabat sebagai  ia PJ Bupati Pamekasan tahun 2018.

Putra kelahiran Sumenep ini memiliki pengalaman panjang dalam tata kelola Pemerintahan Daerah karena berlatar birokrat.


Gus Acing merupakan  anak dari  pasangan Drs. H.R. P. Moh. Taha dan RA Kunti Imaniah, Fattah Jasin atau yang dikenal dengan Gus Acing dididik dan dibesarkan dalam kultur Madura-Nahdliyin yang kuat.


Birokrat yang masih keluarga besar Keraton Sumenep ini pengalamannya hidup di berbagai kota besar seperti Malang, Jember, Surabaya, Kuala Lumpur dan Brisbane (Australia) membentuk Gus Acing sebagai sosok yang terbuka menyikapi berbagai perbedaan, memegang teguh nilai budaya dan agama, tawadu’ terhadap ulama dan terbiasa berdiri di atas semua golongan.


Gus Acing memulai karir di birokrasi sejak tajun 1987.  Ia mengawali karirnya sebagai  staff Badan Perencanaan Daerah (Bapedda) Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2014, ia mengemban amanah sebagai Kepala Bapedda Provinsi Jawa Timur.


Selama di Bapedda itu, Gus Acing membantu Gubernur Jawa Timur dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai Program Pembangunan di Jawa Timur, mulai dari Jembatan Suramadu, Jalur Lintas Selatan Jawa Timur, hingga pasar Agrobisnis Jawa Timur Jemundo Sidoarjo.


Tidak tanggung-tanggung, saat Gus Acing memimpin Bapedda Jatim,  Provinsi Jawa Timur memperoleh Penghargaan Pangripta Nusantara sebagai salah satu Provinsi dengan dokumen perencanaan terbaik tingkat nasional.


Dedikasinya yang luar biasa, membuat Gus Acing dipercaya oleh tiga Gubernur Jawa Timur (Gubernur Imam Utomo, Gubenur Soekarwo dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa) untuk menduduki berbagai posisi penting pemerintahan.


Mulai dari Kepala Biro Administrasi dan Perekonomian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Bappeda, Pj. Bupati Pamekasan, Kepala Dinas Pehubungan Provinsi Jawa Timur dan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Khusus Madura Provinsi Jawa Timur.


Berbagai prestasi yang diraih Provinsi Jawa Timur tidak lepas dari tangan dinginnya. Saat memimpin Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia berhasil membawa Koperasi PT. Semen Gresik sebagai 200 Koperasi Terbaik Dunia.


Dilanjutkan, ketika menjabat Kepala Dinas Pehubungan, Provinsi Jawa Timur memperoleh Anugerah Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, sebagai Provinsi dengan penataan lalu lintas terbaik tingkat Nasional.


Secara pribadi, Gus Acing juga dinobatkan sebagai Pembina terbaik tingkat Nasional dalam pembinaan Pelajar Pelopor tertib Lalu Lintas.


Selain itu, saat memimpin Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia menjalin kerjasama dengan berbagai Pondok Pesantren untuk Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. (Tim).

Bagikan:

Komentar