|
Menu Close Menu

Persiapan Pelaksanaan Haji Tahun 2022, Ini Kabar Baik dari Komisi VIII DPR RI

Senin, 21 Maret 2022 | 16.39 WIB

KH.Ach. Fadil Muzakki, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem sekaligus Anggota Panitia Kerja (Panja) Haji DPR RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim id, Surabaya- Anggota Komisi VIII DPR RI, K.H. Ach. Fadil Muzakki menyampaikan kabar baik bagi para calon jamaah haji Indonesia. Kabar tersebut terkait pelaksanaan Haji tahun 2022.


Komisi VIII DPR RI optimis bahwa Ibadah Haji 2022 yang sudah ditunggu-tunggu oleh calon jamaah akan terwujud. " Saya yakin untuk tahun 2022 ini Ibadah Haji akan terlaksana," ujar politisi yang akrab disapa Lora Fadil saat dikonfirmasi. Senin, (21/03/2022).


Hanya saja saat disinggung Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahun 1443 Hijriah atau 2022, Lora Fadil belum bisa memastikan karena belum diputuskan. " Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir biaya haji 2022," papar Anggota Panitia Kerja (Panja) Haji ini.


Apalagi, saat ini lanjut Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso, ada kebijakan Pemerintah Arab Saudi soal pelonggaran protokol kesehatan, seperti peniadaan tes PCR SWAB dan Antigen, meniadakan proses karantina dan social distancing, serta dapat membuka masker di ruangan terbuka. "Tentu disitukan bisa ada pengurangan biaya haji," tandasnya.


Tetapi situasi Internasional yang mempengaruhi kurs dolar, juga sangat mungkin mempengaruhi terhadap biaya haji. " Tapi detailnya nanti kita akan bahas dengan Kemenag, mudah-mudahan segera selesai semua, paling tidak awal-awal bulan depanlah, semoga awal puasa ada kepastian," ungkapnya.


Terkait, kouta haji 2022, Lora Fadil belum bisa memastikan, hanya saja dari informasi yang ia dapatkan, pihaknya meyakini jemaah haji  Indonesia yang berangkat tahun 2022 akan lumayan banyak.


" Intinya nanti sekali lagi soal biaya haji, pemerintah bisa menekan seminimal mungkin, apalagi kondisi ekonomi Indonesia karena pandemi Covid 19 ini juga masih proses pemulihan, maka ini harus menjadi perhatian bersama," jelasnya.


Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengusulkan Biaya Perjalanan Haji (BPIH) tahun 2022 ini sebesar Rp45 juta rupiah per jemaah. Usulan tersebut ia sampaikan dalam rapat bersama dengan Komisi VIII DPR RI pada Rabu, 16 Februari 2022. Usulan biaya haji ini naik Rp1 juta dibandingkan 2021, dan naik Rp10 juta dibandingkan sebelum pandemi atau 2019 dengan biaya Rp35,23 juta per jemaah.( Had/Red).

Bagikan:

Komentar