|
Menu Close Menu

Terobosan Mas Tamam Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pamekasan

Selasa, 12 April 2022 | 08.57 WIB

Baddrut Tamam, Bupati Pamekasan atau yang akrab disapa dengan Mas Tamam saat dalam acara INews TV. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Bupati Pamekasan Baddrut Tamam terus melakukan berbagai upaya untuk bisa meningkatkan ekonomi warganya. Khususnya sebagai upaya memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid-19.


Bupati yang akrab disapa Mas Tamam ini mengawali langkahnya dengan konsep desa dan kelurahan tematik dengan menggali beragam potensi daerah masing-masing. Konsep desa tematik disandingkan dengan program sepuluh ribu wirausaha baru atau yang biasa dikenal dengan program sapu tangan biru.


“Tujuannya agar tercipta para wirausaha mandiri di tiap desa dan kelurahan,” terang Mas Tamam yang juga politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat menjadi pembicara di INews TV. Senin, (11/04/2022) siang. 


Penerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif tahun 2020 dari Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menjelaskan bila para wirausaha baru itu mendapatkan pelatihan beragam keterampilan, mulai dari membuat sepatu, tas, dan beragam usaha lainnya. Para wirausahawan baru itu juga mendapatkan bantuan pinjaman modal hingga bantuan alat usaha melalui dana CSR dari perusahaan atau Perbankan.


Setelah menghasilkan produk, kata Mas Tamam, Pemkab Pamekasan juga membantu mencarikan pemasaran melalui online maupun offline. Menurutnya, keinginan Pamekasan maju itu semangatnya tidak hanya dari pemkab, melainkan dari seluruh masyarakat dengan semangat sejahtera dari bawah, berkeadilan untuk Pamekasan Hebat.


Dikatakan, pemimpin di era revolusi industri 4.0 dan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia menuntut pemimpin bekerja extra ordinary, out off the box, atau bekerja di luar kebiasaan agar daerahnya mampu bersaing dengan daerah lain.


“Karena kalau hanya bekerja biasa, rasanya berat sekali untuk membangun perubahan. Kita ingin merubah top off mind tentang Pamekasan, dan itu tidak mudah,” tandas Bupati muda yang namanya masuk dalam nominasi tokoh potensial untuk Calon Gubernur Jawa Timur 2024 mendatang ini. 


Mantan anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB ini menambahkan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerahnya mampu bersaing di kancah nasional, bahkan Internasional. Karena, apabila masyarakat sejahtera dipastikan Pamekasan maju.  (Red).


Bagikan:

Komentar