|
Menu Close Menu

Nama Lita Machfud Arifin Muncul dalam Survei Caleg DPR RI Dapil Jatim 1

Kamis, 12 Mei 2022 | 22.11 WIB

Hasil Survei ARC Indonesia tentang Caleg DPR RI Dapil Jatim I (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya-  Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei terbarunya. Survei tersebut memotret beberapa aspek mulai dari elektabilitas Partai Politik di Jawa Timur, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Gubernur dan Calon Wakil  Gubernur Jawa Timur hingga tokoh potensial sebagai caleg DPR RI Dapil Jawa Timur. 


Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI mengungkapkan pihaknya melakukan survei selama 11 - 25 April 2022. Survei  dilakukan ARCI dilakukan di 38 kabupaten/kota Jatim dengan memakai multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang berpartisipasi, dengan margin of error sebesar 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


" Untuk Partai Politik PKB masih nomor satu di Jatim," papar pria yang akrab disapa Baihaki ini. Kamis, (12/05/2022).


Hal itu, kata Baihaki, bisa dilihat dari hasil survei elektabilitas parpol di Jatim  dengan rincian : 1. PKB 19,9%, 2. PDIP 16,2%, 3. Gerindra 14,9%, 4. Golkar 10,1%, 5. Demokrat 7,6 %, 6. NasDem 6,9%, 7. PPP 5,5%, 8. PAN 3,2%, 9. PKS 2,7%, 10. Perindo 1,9%, 11. Hanura 1,4%, 12. PSI 0,5%, 13. Berkarya 0,25%, 14. Tidak diketahui 8,95%.


Kemudian, lanjut Baihaki, untuk Dapil satu yang meliputi Surabaya-Sidoarjo pihaknya juga melakukan survei terhadap nama tokoh potensial elektabilitasnya  sebagai bakal calon Anggota DPR RI. " Hasilnya Pak Bambang DH yang saat ini DPR RI nomor urut satu," terangnya. 


Ada temuan menarik berdasarkan survei yang dilakukan, yaitu munculnya figur-figur baru sebagai bacaleg. " Salah satunya muncul dalam survei kami Bu Lita Machfud Arifin, meski tidak terlalu tinggi, sebagai tokoh yang baru muncul dengan elektabilitas 1,2% itu termasuk bagus," tandasnya. 


Sebab, kata Baihaki masih banyak waktu untuk bisa terus meningkatkan elektabilitasnya. Bila terus melakukan kerja-kerja sosial yang bisa menaikkan elektabilitas, bukan tidak mungkin bisa semakin bagus. 


Adapun elektabilitas figur sebagai bakal calon DPR RI Dapil (Surabaya-Sidoarjo), saat responden disodorkan pertanyaan, apabila pemilu dilakukan saat ini siapa calon DPR RI yang anda pilih ? DAPIL I (Surabaya-Sidoarjo) : 


Bambang DH 8,6%, Saikhul Islam 8,2 %, Puti Guntur Soekarno  7,4 %, Bambang Haryo Soekartono 6,9 %, Adies Kadir 5,2,%, Sungkono 3,2%, Rahmad Muhajirin 2,8%, Indah Kurnia 2,3 %, Sigit S 2,1%, Arzeti B 1,9%,  Lucy K 1,5 %, Lita Machfud Arifin 1,2 %, Andi Budiman 0,8 %, Vincensius Awey 0,5 %, Habiburrahman 0,3 % dan tidak menjawa/tidak tau 47,1%.


Sekedar diketahui Lita Machfud Arifin sebenarnya bukan sosok baru, ia mulai aktif menyapa masyarakat Surabaya sejak suaminya Machfud Arifin (Mantan Kapolda Jatim) maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya dalam Pilwali 2020.


Akhir-akhir ini, Lita juga gencar menyapa masyarakat Surabaya lewat kegiatan sosialnya. Tidak hanya itu, dibeberapa titik di Kota Surabaya tersebar baliho-baliho Lita Machfud Arifin dengan logo Partai NasDem. Bahkan, Lita juga aktif mengunggah kegiatan-kegiatannya di media sosial.  Santer kabar Lita akan maju sebagai Caleg DPR RI di Dapil Jatim I dari Partai NasDem. 


Selain Lita, Vincensius Awey yang juga kader NasDem yang namanya kembali muncul sebagai bacaleg DPR RI. Awey merupakan Caleg NasDem di Pileg 2019 dengan peraih suara terbanyak diinternal partai. Sebelum itu, Awey menjadi Anggota DPRD Kota Surabaya 2014-2019 dari Partai NasDem (Had/Red).

Bagikan:

Komentar