|
Menu Close Menu

Mahasiswa Universitas Brawijaya Belajar Ternak Kambing Boer di Barokah Farm Kediri

Minggu, 19 Juni 2022 | 23.04 WIB

Mahasiswa Universitas Brawijaya saat mengunjungi Barokah Farm. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Kediri-  Dirjen Sosial Masyarakat Kementerian Luar Negeri EKM-F Peternakan UB PSDKU Kediri menggelar program kerja Executive On The Cage.  Acara itu mengajak peserta kegiatan untuk mengunjungi dan berdiskusi mengenai peternakan kambing boer khususnya dipeternakan Barokah Farm Ngadiluwih Kediri Jawa timur. Minggu, (19/06/2022).


Persoalan yang menjadi bahasan mulai dari pembangunan kandang, manajemen perawatan kambing boer dan sosial ekonomi produksi kambing boer. Serta peserta diajak melihat-lihat kandang dari peternakan Barokah farm ini dan juga peserta dapat melakukan praktek penyuntikan vaksin pada ternak kambing boer ini.


Novie Ayu Kuncoro Esti, Ketua Pelaksana mengungkapkan kegiatan itu adalah salah satu program kerja dari Kementerian Luar Negeri. Eksekutif on the cage part 1 ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa fakultas peternakan diluar kampus.


 "  Untuk eksekutif on the cage part 1 kami memilih di peternakan kambing boer barokah farm di desa ngadiluwih. Karena ini adalah part 1 maka akan ada part-part selanjutnya dari program kerja ini," jelasnya.


Jefry Andy Agusty sebagai Ketua Umum EKM-F Fapet 2022 menambahkan bila kegiatan itu diselenggarakan secara tatap muka  atau offline. Pihaknya berharap kegiatan itu bisa  menginspirasi serta memotivasi temen-temen dari fakultas peternakan sekaligus mahasiswa Universitas Brawijaya lintas fakultas untuk memberikan gambaran atau memulai suatu usaha dalam bidang peternakan. 


Ditempat yang sama, Zia'ul Rahma Fithron, Dosen Homebase Fapet UB PSDKU Kediri mengungkapkan bahwa acara EOTC itu merupakan sebuah acara yang sangat menarik Serta sangat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Brawijaya prodi peternakan. Sebab,  dengan adanya acara itu mahasiswa yang biasanya hanya mendapatkan teori dibangku perkuliahan dapat berinteraksi serta menggali informasi secara langsung melalui owner atau praktisi yang telah berkecimpung didalam usaha atau bisnis peternakan khususnya kambing Boer yang memilki profit tinggi.


" Dan pada kegiatan ini  mahasiswa juga dapat mengetahui berbagai permasalahan serta tips penyelesaiannya dalam memulai bisnis khususnya bisnis dalam dunia peternakan," jelasnya.


dr. Taufan sebagai Owner dari Barokah Farm Kediri menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Mahasiswa Universitas Brawijaya itu.  Lewat kegiatan itu, dirinya bisa berbagi ilmu secara langsung, khususnya tentang tips and trik dalam memulai usaha dalam bidang peternakan  khususnya kambing Boer yaitu ada 3P, mulai  persiapan dari pemilihan bibit atau pejantan unggul lalu persiapan kandang serta pakan yang akan digunakan, P yang kedua adalah Perawatan harus merawat ternak yang dipelihara sebaik mungkin dengan cara merawat saat sehat maupun merawat saat sakit, dan P yang terakhir adalah Pemasaran.


Kemudian untuk pemasaran sendiri  dapat dilakukan secara online melalui media sosial serta dilakukan secara offline dijual ke pasar namun sebaiknya dilakukan secara online. "  Jika memang pemasaran yang dilakukan secara offline sebaiknya pembeli atau konsumen  datang ke farm. Sebagai peternak harus menyiapkan kandang dengan cara menjaga kebersihan dan lain-lain agar para pembeli ini nyaman saya bertransaksi," pungkasnya.(Rilis).

Bagikan:

Komentar