|
Menu Close Menu

Prananda Surya Paloh Ingatkan Soal Integritas, Moralitas dan Kejujuran dalam Berpolitik

Jumat, 15 Juli 2022 | 02.42 WIB

Moh Haerul Amri, Sekjend DPP Garda Pemuda NasDem saat diwawancara media dalam acara HUT ke 11 GPND di Kantor NasDem Tower Jakarta. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Garda Pemuda NasDem (GPND) berlangsung sederhana namun sarat makna di NasDem Tower, Jalan RP. Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (14/7). Ketua Umum GPND, Prananda Surya Paloh mengingatkan tiga hal dalam berpolitik yakni integritas, moralitas dan kejujuran.


“Saya juga ingin mengingatkan sebagai kader Garda Pemuda NasDem tentu tidak cukup hanya dengan mengandalkan kepintaran. Tapi kita mesti bisa mempunyai kepribadian yang baik dan lebih baik di antara gelapnya dunia perpolitikan di Indonesia. Saya ingin mengingatkan tiga, integritas, moralitas dan kejujuran,” kata Prananda.


Prananda yang hadir secara daring itu pun menyampaikan apresiasinya kepada para jajaran pengurus dan kader GPND di pusat maupun di daerah atas kerja-kerja politik dan kemanusiaan selama ini. Menurut dia kerja-kerja tersebut mampu membekas dan selalu diingat di hati masyarakat.


“Tentu sebelas tahun perjalanan banyak suka dan duka, tapi tentu lebih banyak sukanya. Maka daripada itu saya ingin menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan sebelumnya yang telah sukses membawa Garda Pemuda NasDem ke tingkat yang cukup baik,” ucapnya.


Menurut Prananda banyak momen yang tak bisa dilupakan kala merasakan animo masyarakat terhadap GPND setiap kali kunjungan ke daerah seperti saat ke Sulawesi Utara dan Papua.


“Memang sudah sepatutnya organisasi kepemudaan diiringi dengan banyak canda dan tawa tapi kita tidak lupa dengan tugas utama kita membesarkan organisasi Garda Pemuda NasDem,” ujar Prananda.


Lebih jauh Prananda menekankan di tengah hiruk pikuk kancah politik tanah air pihaknya mengajak para kader GPND untuk bersikap dengan terus melakukan kebaikan dan kerja nyata sehingga semua yang meragukan eksistensi Partai NasDem dengan sendirinya pasti pudar.


“Kita juga harus mempunyai banyak kesabaran dan banyak senyuman seperti kata Ketua Umum NasDem,” kata dia.

Peringatan kali ini juga dihadiri Ketua Umum Garda Pemuda NasDem periode 2011-2016 Martin Manurung yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi NasDem dan Dewan Pakar Garda Pemuda NasDem Dr. Atang Irawan.


Hadir pula jajaran pengurus DPP GPND serta sejumlah pengurus sayap dan badan Partai NasDem. Selain itu turut hadir jajaran pengurus DPW dan DPD GPND seluruh Indonesia secara daring melalui platform zoom meeting.


Sementara itu, Sekjen DPP GPND, Moh Haerul Amri menekankan bahwa seperti instruksi Ketua Umum GPND, Prananda Surya Paloh jelang konstestasi politik mendatang tidak cukup hanya pintar tetapi harus memiliki integritas dan kejujuran dalam berpolitik serta nilai-nilai kemanusiaan dalam berpolitik.


“Sejatinya politik itulah ada nilai-nilai kemanusiaan, kejujuran, dan integritas untuk membangun Indonesia yang maju, berkemanusiaan dan tentunya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” kata anggota Komisi X DPR RI itu.


Wakil Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu juga menambahkan momentum harlah GPND yang ke 11 ini diharapkan dapat menjadi semangat untuk terus lebih banyak melakukan kegiatan yang berarti di masyarakat dan kancah politik tanah air terutama dalam menjaga persatuan Indonesia.


“Garda Pemuda NasDem juga akan membangun persaudaraan perpolitikan karena politik yang tanpa identitas yang betul sesuai amanah Pancasila,” kata dia.


Acara HUT ke-11 GPND kali ini diwarnai dengan prosesi pemotongan tumpeng serentak 34 DPW GPND dan ratusan DPD GPND se-Indonesia yang dilakukan secara hybrid yakni menggabungkan metode daring dan luring secara bersamaan.


Sementara itu Ketua Panitia, Ahmad Kaelani menuturkan peringatan HUT ke-11 GPND memiliki sejumlah rangkaian acara yang sudah diawali dengan kegiatan pemotongan 99 sapi kurban di 34 provinsi seluruh Indonesia kemudian dilanjutkan dengan acara tasyakuran.


Kaelani melanjutkan peringatan HUT GPND kali ini yang mengangkat tema “Peran Strategis Pemuda: Merajut Kebangsaan, Merawat Kemanusiaan” juga akan mencapai puncaknya dengan menggelar ngaji kebangsaan Buya Syafii Maarif.


“Dalam meniti jejak Buya Syafii Maarif yang mana beliau adalah sosok tokoh guru bangsa yang perlu juga kita sebagai kaum muda untuk menyerap gairah intelektualnya untuk bisa berperan dalam konteks keindonesiaan,” kata dia.


Selain itu Garda Pemuda NasDem juga akan terus melakukan program-program pro rakyat sebagai bentuk arti kehadiran NasDem di masyarakat melalui GPND Peduli Stunting dan GPND Peduli Lingkungan. (WH/Nasdem.id).

Bagikan:

Komentar