|
Menu Close Menu

Gandeng KIM, Mahasiswa KKN Universitas Jember Adakan Pelatihan Jurnalistik di Situbondo

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11.20 WIB

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa KKN Universitas Jember kerjasama dengan KIM di Balai  Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Situbondo- Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 422 UMD Periode 2 Universitas Jember bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mengadakan pelatihan jurnalistik bersama pemuda Desa Olean Di Aula Balai Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Senin, (08/08/2022).


Dalam kegiatan tersebut, peserta dibekali materi tentang penyiaran radio, penulisan berita dan reportase.


Menurut Aulia,  Koordinator KKN di Desa Olean Pelatihan Jurnalistik itu menghadirkan dua orang narasumber. Yaitu   Ikhsan,  dengan materi penyiaran radio dan Yusi dengan materi penulisan berita dan reportase.


“Potensi desa yang terdapat Channel radio pribadi dan minat masyarakat untuk menekuni bidang tersebut cenderung tinggi menjadi landasan kami bersama KIM membuat pelatihan jurnalistik," jelas Aulia. 


Ia menambahkan, selama dua minggu berada di Balai Desa Olean telah mengamati kegiatan penyiaran radio yang cenderung monoton dan kurangnya keterlibatan anak muda untuk menjadi penyiar.


“Warga desa cukup aktif mendengarkan siaran radio desa yang saat ini masih didominasi dengan Request lagu yang dipelopori oleh Ibu-ibu dan Bapak-bapak saja, sedangkan peran pemuda untuk memberikan inovasi baru sangat minim," tegasnya. 


Hadirnya mahasiswa KKN di Desa Olean membantu KIM dalam memberi inisiatif baru untuk mengaktifkan kembali pemuda-pemuda desa. Hal tersebut diakui oleh Muhammad Syaugi, salah satu pemuda desa setempat yang ikut kegiatan pelatihan jurnalistik.


“Keberadaan anak KKN disini begitu membantu saya untuk menghimpun dan menghidupkan kembali semangat pemuda Olean untuk aktif dalam bidang Jurnalistik yang sempat vakum dan dinina bobokan oleh pandemi," Ungkap Ogik.


Ditempat yang sama, Ansori, Kepala Desa Olean menjelaskan bila Pelatihan Jurnalistik itu ditujukan untuk pemuda-pemuda pilihan di Desa Olean yang memiliki semangat tinggi untuk membekali dan mengenali potensi diri.


“Saat ini Olean sedang Membentuk desa menuju Smart Village, sehingga membutuhkan tenaga dan pikiran anak muda yang cekatan dan multitalent," jelasnya. 



Untuk itu, pihaknya memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya  kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini. Ia memberikan  dukungan penuh kegiatan baik secara moral maupun finansial.


“Saya mendukung kegiatan ini dengan harapan setelah kegiatan terdapat rencana tindak lanjut yang jelas dan berkelanjutan karena saya siap membantu segala pembiayaan yang diperlukan selama berlangsungnya kegiatan kepemudaan seperti ini," pungkasnya. (YS).


Bagikan:

Komentar