|
Menu Close Menu

Bangkalan Aman Kasus Gagal Ginjal Akibat Obat Sirup, Dinkes Bangkalan Aktif Sidak Apotek dan Faskes

Rabu, 26 Oktober 2022 | 13.50 WIB

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo, S. Kep (foto: doc. lensajatim.id - Bangkalan) 

lensajatim.id, BANGKALAN - Meskipun di Kabupaten Bangkalan Nol kasus, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan antisipasi untuk mencegah masuknya kasus gagal ginjal misterius masuk ke kota dzikir dan sholawat ini.


Kepala Dinas Kesehatan Sudiyo mengatakan, bahwa di Kabupaten Bangkalan sendiri sampai saat ini aman dalam kasus gagal ginjal terhadap anak.


" Yang pertama kasus terkait dengan gagal ginjal akut oleh anak yang di sebabkan oleh obat sirup yang di maksud itu di Bangkalan belum ada kasus sampai saat ini,"Terang Sudiyo, Rabu (26/10/2022)


Yoyok sapaan akrab Kadinkes juga mengatakan bahwa di jawa timur sudah di temukan kasus gagal ginjal di beberapa wilayah 


" Di Jawa Timur itu ada beberapa kasus itu pun melekat di beberapa wilayah di enam kabupaten atau kota," ucapnya


Dalam rangka pencegahan masuk nya kasus gagal ginjal ini Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan sidak di beberapa fasilitas kesehatan


"Cuman kita tidak mau kecolongan, kita melakukan sidak ke beberapa apotik dan faskes. Hari senin kemarin kita turun. Bukan hanya sidak di faskes tetapi juga di minimarket dan toko biasa," Imbuhnya


Menurut Sudiyo selama melakukan sidaknya tidak di temukan fasilitas kesehatan maupun minimarket yang masih mengedarkan obat sirup yang sudah di larang oleh Kementrian Kesehatan RI.


Adapun obat yang di larang untuk di edarkan oleh Dinas Kesehatan Bangkalan obat sirup baby cough demam, baby cough batuk dan baby cough drop (Angga/Mahallil)

Bagikan:

Komentar