|
Menu Close Menu

Gelar Wisuda, Universitas Terbuka Surabaya Kembali Cetak 1.972 Lulusan Berkarakter Mandiri

Minggu, 23 Oktober 2022 | 18.53 WIB


Prosesi Wisuda Daerah Universitas Terbuka Surabaya di Kantor UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

Lensajatim.id, Surabaya - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surabaya, kembali menggelar Upacara Wisuda Daerah Universitas Terbuka Surabaya,  pada Minggu 23 Oktober 2022, yang bertempat di kantor UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair, Mulyorejo, Surabaya. 


Adapun peserta wisuda daerah kali ini berjumlah 1.972 lulusan yang terdiri dari Program S1 Fakultas Ekonomi sebanyak 467 wisudawan, Program S1 FHISIP sebanyak 236 wisudawan, Program S1 PGSD sebanyak 572 wisudawan dan Program S1 FKIP  sebanyak 1.251 wisudawan. Program S1 FST sebanyak 16 wisudawan, dan Program Pascasarjana 1 wisudawan. Mereka merupakan mahasiswa dari 18 Kabupaten/Kota wilayah kerja Universitas Terbuka (UT) Surabaya. 


Diketahui, kegiatan kali ini terasa sangat istimewa jika dibandingkan dengan pelaksanaan wisuda daerah sebelum-sebelumnya, karena untuk pertama kalinya secara luring setelah sebelumnya dilakukan secara daring karena Pandemi Covid 19.


Tampak ribuan mahasiswa mengikuti Wisuda Daerah Universitas Terbuka Surabaya. (Dok/Istimewa).


Rektor UT yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada UT Surabaya karena memiliki mahasiswa terbanyak se-Indonesia setelah UT Jakarta.


“Selamat kepada UT Surabaya di bawah kepemimpinan Ibu Dr. Suparti yang telah sukses mengadakan wisuda luring pertama setelah pandemi dengan jumlah wisudawan terbanyak se-Indonesia setelah Jakarta,” ucapnya.


“Ini meneguhkan bahwa UT siap dalam kondisi apapun untuk menyelenggarakan dan memberikan pendidikan tinggi kepada seluruh masyarakat,” ungkapnya. 


Sementara itu, Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd, dalam sambutannya mengharapkan para lulusan UT bisa menjaga nama baik almamater dan bertanggungjawab atas apa yang sudah diraihnya. 


"Sebagai salah satu alumni UT, anda harus merasa bangga karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) baru-baru ini merilis data jumlah peserta yang lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019, menempatkan Universitas Terbuka sebagai Universitas paling banyak meluluskan CPNS," katanya mengungkapkan.


Menurutnya, dari jumlah 138.791 peserta yang lulus, sekitar 9.436 diantaranya merupakan alumni Universitas Terbuka.  


"Hal ini membuktikan bahwa lulusan UT mampu bersaing di dunia kerja," katanya menegaskan.


Selain itu, pihaknya mengungkapkan banyaknya lulusan UT yang diterima menjadi CPNS, membuktikan kapasitas UT yang mampu menerima jumlah mahasiswa yang besar tanpa mengorbankan kualitas. 


"Para mahasiswa UT yang diwisuda pada hari ini diharapkan terus menerus meningkatkan kualitas dan kemampuannya secara pribadi dan mandiri agar dapat bersaing di era global saat ini," pungkasnya.


Hadir juga dalam kegiatan Wisuda Daerah tersebut diantaranya, Rektor UNAIR diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaa, dan Alumni. Gubernur Jawa Timur diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan dan SDM. Waliktota Surabaya diwakili oleh Sekda Kota Surabaya.(Fauzi)

Bagikan:

Komentar