|
Menu Close Menu

Dorong Partisipasi aktif Kaum Ibu dalam pemilihan RT, RW dan LPMK di Surabaya, Begini Penjelasan Ketua HWK

Selasa, 22 November 2022 | 14.41 WIB

Hj. Aries Kristyani, S.Sos, M.AP, Ketua Himpunan Wanita Karya Kota Surabaya. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya - Kaum ibu didorong untuk aktif berpartisipasi dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) di Kota Surabaya. Imbauan itu disampaikan Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Kota Surabaya, Aries Kristyani.


Aries mengatakan sesuai dengan Perwali 112/2022, pemilihan RT, RW dan LPMK akan dilaksanakan serentak di Surabaya. Ia menilai peran RT, RW dan LPMK sangat penting dalam masyarakat, bahkan menjadi ujung tombak Pemerintahan Kota Surabaya.


"Saya berharap kaum ibu ambil peran dalam momentum pemilihan RT, RW dan LPMK di Surabaya, dengan maju menjadi calon," kata Aries, dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).


Menurut Aries, saat ini pria dan wanita punya kesempatan yang sama untuk memimpin, mulai tingkat RT hingga nasional. Karena itu, sudah saatnya wanita memimpin.


Aries melanjutkan, selama ini kaum ibu yang paling paham kondisi lingkungannya. Sementara, para bapak lebih fokus menjalankan kewajibannya, bekerja mencari nafkah.


"Para ibu lah yang waktunya paling banyak berada di lingkungan. Karena itu, mereka lebih paham permasalahan yang ada di lingkungan," ujarnya.


Politikus perempuan Golkar ini berharap, siapa pun yang terpilih menjadi Ketua RT, RW dan LPMK adalah pilihan terbaik masyarakat. Karena itu, ia berpesan agar masyarakat cermat dalam memilih calon.


Aries melanjutkan, yang tak kalah penting prosesnya harus berjalan secara demokratis. Tentunya dengan semangat musyawarah untuk mencapai mufakat.


"Saya berharap proses pemilihan RT, RW dan LPMK serentak ini berjalan kondusif, tidak ada gontok-gontokan. Karena pada prinsipnya jabatan ini adalah pengabdian pada masyarakat," pungkasnya. (Red).


Bagikan:

Komentar