|
Menu Close Menu

Hasil Survei LKPI, Airlangga Ungguli Semua Bakal Capres

Selasa, 13 Desember 2022 | 06.52 WIB

Airlangga Hartanto, Ketua Umum Partai Golkar


Lensajatim.id, Jakarta - Survei terkait dinamika politik, menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024, kembali dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) tokoh yang berpotensi sebagai bakal calon. Hasilnya, elektabilitas Airlangga Hartanto bertengger di posisi teratas.


Berdasarkan survei itu, Airlangga memperoleh 17,20 persen, diposisi kedua Prabowo Subianto 19,70 persen disusul nama-nama yang sudah siap nyapres Ganjar Pranowo 9,80 persen diposisi ketiga dan posisi keempat Anies Baswedan 8,40 persen.


Direktur Eksekutif LKPI Heru Suyatno, menyampaikan metodologi teknik penetapan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan cara Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 2380 orang.


Teknik pengumpulan data survei dilakukan dengan wawancara melalui tatap muka dan  sambungan telepon seluler dan Whatsapp Video Call secara langsung di 34 ibu kota Provinsi di Indonesia.


Dimana ada sekitar 188,6 juta masyarakat dari total keseluruhan 269,6 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar. Artinya, sekitar 70,1 persen penduduk Indonesia menjadikan ponsel sebagai sebuah perangkat primer.


Kata Heru, survei LKPI dilakukan lewat telpon dengan mempertimbangkan aspek metodologis secara seksama, cara yang paling mungkin dilakukan di tengah-tengah upaya warga melakukan social distancing untuk pencegahan pandemic covid 19.


"Untuk mendapatkan sampel yang proporsional dari responden  yang memiliki telpon tersebut terhadap karakteristik populasi  nasional dilakukan pembobotan terhadap sampel terpilih," kata Heru kepada wartawan, dalam keterangannya, Senin (12/12/2022).


Sampel hasil survei, divalidasi untuk memastikan posisi responden yang dijadikan sampel sebagai pemilik telepon seluler. Validasi menggunakan Aplikasi HLR Lookup dan Lacak dengan Lihat Kode Area Operator.


Sampel hasil survei divalidasi dengan membandingkan komposisi demografi sampel dan populasi hasil sensus BPS 2020. Demografi  tersebut meliputi, provinsi, gender, desa-kota, umur, etnis, dan agama.


Bila ada perbedaan signifikan antara demografi sampel dan populasi, maka dilakukan pembobotan data sedemikian rupa, sehingga komposisi demografi sampel menjadi proporsional terhadap populasi.


"margin of error dalam survei ini sebesar +/- 2.01 % dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Survei dilakukan pada 22 November–6 Desember 2022," terangnya.


Menanggapi hasil survei LKPI, Pengamat Politik dan Dosen Universitas Esa Unggul Syurya M Nur, mengatakan munculnya nama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di hasil survei LKPI sebagai bukti bahwa sosok Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (Capres) yang diinginkan masyarakat Indonesia.


"Adanya survei LKPI bukti Airlangga Hartarto masih di inginkan masyarakat karena adanya perubahan untuk kedepannya, presiden yang dekat dengan masyarakat," katanya.


Selain itu, kata Surya, adanya survei LKPI, Airlangga harus juga menyampaikan ke publik bahwa partai politik itu sudah sangat lebih baik.


"Airlangga harus sampaikan ke publik jika partai politik sudah lebih baik lagi," ucap Surya.


Surya menjelaskan bahwa dengan melihat hasil survei itu sebagai peluang Airlangga sebagai Capres di 2024 sangat besar.


"Peluang Airlangga sangat besar menang Capres 2024," Imbuhnya.


Menurut dia, jika melihat naiknya elektabilitas Airlangga Hartarto, maka ini waktunya Airlangga memperlihatkan ke publik bahwa dia unggul dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonominya yang telah membawa perubahan ekonomi saat ini.


"Airlangga harus memperlihatkan ke publik bahwa dia unggul dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonominya yang telah membawa perubahan ekonomi saat ini," terangnya.


Tak hanya tokoh, survei juga dilakukan pada Partai Politik (Parpol). Hasilnya GOLKAR 16,30 persen diposisi pertama, PDIP 14,60 persen diposisi kedua, Gerindra 14,20 persen disusul Demokrat 7,70 persen diurutan keempat. (Redaksi)

Bagikan:

Komentar