|
Menu Close Menu

Jelang Pergantian Tahun, Harga Bahan Pokok di Kota Malang Turun

Kamis, 29 Desember 2022 | 23.00 WIB

Tampak pengunjung membeli bahan pokok di Pasar Klojen, Kota Malang. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Malang – Harga sejumlah bahan pokok di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), banyak mengalami penurunan harga menjelang pergantian tahun baru 2022.


Informasi yang dihimpun oleh jurnalis media ini, harga bahan pokok yang yang turun di antaranya tomat, sayur sawi, bawang putih, dan bawang merah. Hal ini berdasarkan pantauan di Pasar Klojen, Kota Malang.


Salah satu pedagang di Pasar Klojen, Kota Malang, Sunismi mengatakan bahwa menjelang hari raya Natal memang harga bahan pokok mengalami kenaikkan cukup tinggi. Kini, harga mulai turun selepas Natal kemaren. 


"Kemaren saja, seperti sayur sawi yang dihargai Rp 9 ribu sebelum Natal. Setelah Natal, harganya menjadi Rp 5 ribu," katanya menjelaskan kepada media ini, Kamis (28/12/2022).


Lebih lanjut, diirinya mengungkapkan jika kondisi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Bahkan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum pandemi.


"Tahun lalu, masih banyak orang datang untuk membeli keubutuhan Natal serta tahun baru. Saat ini sepi. Saya merasakan sendiri perbedaannya,"  ungkapnya.


Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengatakan bahwa kondisi kebutuhan bahan pokok di Kota Malang cukup stabil hingga jelang pergantian tahun 2022.


"Sampai hari ini, ketersediaan stok memenuhi. Tidak ada yang mengkhawatirkan dari pantauan terhadap 11 jenis kebutuhan pokok," katanya memaparkan.


Untuk itu, diirinya mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga tidak terjadi kelangkaan bahan pokok di pasaran.


"Kami berharap masyarakat tidak perlu menimbun bahan pokok sehingga ke depannya tidak ada yang dikhawatirkan kelangkaan bahan pokok dan mahalnya harga," pungkasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar