|
Menu Close Menu

Komisi IX Minta Menkes Evaluasi Menyeluruh Sisa Anggaran Rp 9,8 Triliun

Senin, 30 Januari 2023 | 23.06 WIB

Felly Estelita Runtuwene Ketua  Komisi IX DPR RI . (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id,  Jakarta- Komisi IX DPR RI mendesak Kementerian Kesehatan mengevaluasi secara menyeluruh dan terukur pelaksanaan program/kegiatan dan anggaran 2022 karena terdapat sisa anggaran sebesar Rp9,8 triliun dari total anggaran Rp130, 6 triliun.


Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menegaskan hal itu saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di ruang rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/1).


Evaluasi tersebut, lanjut Felly, untuk menjadi pembelajaran dan basis dalam melakukan upaya percepatan pelaksanaan program dan optimalisasi anggaran tahun 2023, dengan memperhatikan masukan Komisi IX DPR RI.


Adapun masukan tersebut di antaranya adalah berupa perencanaan yang lebih matang dengan penentuan target sasaran berdasarkan kondisi riil dan kebutuhan masyarakat, pelaksanaan program/kegiatan harus sesegera mungkin diimplementasikan di awal tahun anggaran berjalan.


Selain itu perlu evaluasi pelaksanaan program/kegiatan yang harus dilakukan secara berkala per triwulan dan segera melakukan realokasi anggaran yang berpotensi sulit terealisasi dengan berkonsultasi kepada Komisi IX DPR RI.


“Serta, masukan berupa optimalisasi tugas dan fungsi Inspektorat Jenderal dalam mengakselerasi pelaksanaan program/kegiatan dan realisasi anggaran. Selain itu perbaikan sistem pengadaan barang dan jasa yang transparan, akuntabel yang berkualitas secara tepat waktu,” tegas Legislator NasDem dari Dapil Sulawesi Utara itu.(dpr.go.id/*)

Bagikan:

Komentar