|
Menu Close Menu

Kursi DPR RI Gerindra Dapil IX Aman, Faf Adi Siswo Hampir Kalahkan Incumbent

Rabu, 01 Maret 2023 | 21.29 WIB

Grafik hasil survei ARCI tentang elektabilitas Caleg DPR RI Dapil Tuban-Bojonegoro. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Tuban - Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei  Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), mencatat beberapa partai-partai besar yang mendominasi di Daerah Pemilihan (Dapil) IX Bojonegoro - Tuban.


Berdasarkan simulasi dengan menggunakan sistem sainte lague, beberapa  Partai Politik di Dapil IX yang berpotensi mendapatkan kursi di DPR-RI adalah PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, PDI-P dan NasDem.


PKB berada diurutan teratas karena kinerjanya sangat masif, sehingga mendapat kepercayaan publik tertinggi. Namun secara prosentase keseluruhan mengalami penurunan. Hal tersebut bisa saja salah satunya dipengaruhi oleh hubungan NU dan PKB yang kurang begitu harmonis. 


Secara berurutan, hasil survei diurutan teratas adalah PKB dengan hasil survey 13,7 %, selanjutnya diurutan kedua ada Partai Golkar dengan hasil 12,7 %, kemudian Gerindra 12,6%, Demokrat 11,2 % dan PDI P 10,8 %, sedangkan Nasdem 5,7 %, PPP 3,5 %, Perindo 2,7 %, PAN 2,1 %, PKS 2,1 %, Gelora 0,7 % adn yang tidak menjawab 19,6 %.


Sementara untuk Caleg di Dapil IX masih di kuasai oleh incumbent. Namun ada beberapa hal yang membuat munculnya nama pendatang baru yaitu Faf Adi Siswo yang ada di angka 2,9 %, terbilang mengejutkan. Sebab itu selisihnya hanya sedikit dengan Incumbent yaitu Wihadi Wiyanto 3,9 %. 


“untuk Caleg DPR RI di Dapil IX elektabilitas tertinggi masih dikuasai incumbent, yaitu Bu Haeny dari Partai Golkar, disusul Ratna Juwita dari PKB,” kata Bayhaqi Siradj, Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), saat dikonfirmasi media. Rabu, (01/03/2023).

Bagikan:

Komentar