|
Menu Close Menu

Dilepas Bupati Fauzi, Mudik Gratis dari Jakarta ke Sumenep Diikuti 260 Orang

Rabu, 19 April 2023 | 13.24 WIB

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ditemani Mohammad Supriyadi, Ketua Umum JAPNAS Jatim saat melepas program mudik gratis di Jakarta ke Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melepas kepergian 260 peserta mudik gratis dari Jakarta ke Kabupaten Sumenep di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (19/4/2023). 


Diketahui sebelumnya, Pemkab Sumenep menyediakan lima armada bus untuk mengangkut peserta mudik gratis yang ingin pulang ke Kabupaten Sumenep.


Achmad Fauzi mengatakan, program mudik gratis dari Jakarta ke Kabupaten Sumenep merupakan acara perdana untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat Sumenep yang merantau ke Jakarta. 


Terlebih, musim mudik tahun ini terasa spesial karena dapat terselenggara tanpa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).


“Peserta mudik gratis (ini untuk) masyarakat yang memiliki KTP dan KK di Sumenep. Dengan demikian, masyarakat Sumenep yang sudah memiliki KTP dan berdomisili di Jakarta tidak bisa mengikuti program ini,” kata Fauzi usai melepas kepergian peserta mudik, Rabu (19/04/2023), sebagaimana dilansir Kompas.com.


Lebih lanjut, Poli mengungkapkan bahwa masyarakat Sumenep yang merantau di Jakarta antusias untuk mengikuti program tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah peserta daftar tunggu yang mencapai 600 orang. 


Hanya saja, pihaknya hanya mampu menyediakan lima armada bus untuk program tersebut. Pasalnya, banyak bus yang telah disewa oleh berbagai pihak yang menyediakan program serupa.


“Harus kami akui, program mudik gratis dari Jakarta ke Kabupaten Sumenep persiapannya agak mepet. Banyak pihak yang sudah mem-booking bus untuk program mudik empat bulan sebelum lebaran," ungkapnya.


"Kami hanya mendapatkan lima bus dari target 10 bus yang kami rencanakan. Ke depan, kami akan menggandeng pihak swasta supaya program mudik gratis dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Sumenep,” sambungnya.


Dirinya menambahkan, melalui program mudik gratis tersebut pihaknya jadi mengetahui jumlah warga Sumenep yang merantau ke Jakarta. 


"Data Pemkab Sumenep, jumlah warga Sumenep yang merantau ke Jakarta sekitar 1.000 orang. Namun, menurut perkiraannya, jumlahnya lebih dari itu," tandasnya. 


Para peserta mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemkab Sumenep tampak menyambutnya dengan antusias. Saat melepas mudik gratis tersebut, Bupati Fauzi juga terlihat ditemani oleh Ketua Umum JAPNAS Jatim, Mohammad Surpiyadi. (Kom/Zi/Red)

Bagikan:

Komentar