|
Menu Close Menu

Gus Fawait Kalahkan Hendy dalam Survei ARCI, Lora Fadil Sebut Figur yang Layak Pimpin Jember

Minggu, 09 April 2023 | 09.02 WIB

 

KH. Ach. Fadil Muzakki, Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya - Nama Muhammad Fawait atau yang akrab disapa Gus Fawait muncul sebagai calon kuat  Bupati Jember, bahkan lebih unggul dibandingkan Hendy Siswanto yang saat ini menjabat Bupati Jember.


Sebagaimana rilis hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Gus Fawait mendapat dukungan 26,9 persen responden dan Hendy Siswanto didukung 25,5 persen responden. Faida, Bupati Jember 2016-2021, berada di tempat ketiga dengan 10,2 persen dukungan.


Berikutnya disusul Muhammad Balya Firjaun Barlaman yang saat ini menjadi wakil bupati mendapat dukungan 9,8 persen responden. Ketua Partai Amanat Nasional Jember Abdussalam didukung 6,2 persen, Ketua Partai Persatuan Pembangunan Jember Madini Farouq didukung 5,3 persen responden.


Kemudian ada nama kader Partai NasDem yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Jatim,Deny Prasetyo : 3,9 persen. Pengusaha muda Dwi Arya Nugroho Oktavianto : 3,7 persen. Ketua PDI Perjuangan Jember dan legislator DPR RI Arif Wibowo : 3,6 persen. Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Jember Ayub Junaidi :  2,7 persen.


"Gus Fawait lebih banyak dipilih kalangan Ibu-ibu rumah tangga, terutama Muslimah," terang Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI Jumat, (07/04/2023) malam.


K.H. Ach. Fadil Muzakki memberikan respon positif terhadap hasil survei tersebut. Bahkan pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih pada masyarakat Jember yang memberikan dukungan seperti yang tergambar dalam hasil survei.


"Sebagai tokoh asal Jember, sebagai keluarga, sekaligus juga saudara tentu kami berterima kasih. Dukungan masyarakat itu sebagai aspirasi yang pasti akan menjadi pertimbangan dalam keluarga besar kami," tukas politisi yang akrab disapa Lora Fadil. Sabtu, (08/04/2023) malam.


Pria yang juga anggota Komisi VIII DPR RI dari Dapil Bondowoso - Situbodo -Banyuwangi ini menjelaskan bahwa sebenarnya nama Gus Fawait muncul sudah sejak Pilkada Jember tahun 2020. Hanya saja lanjut Lora Fadil, saat itu berdasarkan hasil musyawarah keluarga memutuskan agar Gus Fawait tidak maju dan berkonsentrasi sebagai wakil rakyat di DPRD Jatim.


" Untuk saat ini kita pantau terus perkembangannya, mungkin nanti kita akan melakukan survei internal juga. Bila memang tetap bagus, tentu kami akan mempertimbangkan dan merelakan  agar Gus Fawait maju dalam Pilkada Jember," ungkapnya.


Lora Fadil lalu menyebut kalau figur  Gus Fawait sangat layak untuk memimpin Kabupaten Jember. Sebab, Gus Fawait merupakan tokoh pesantren, pengasuh pondok pesantren. Kemudian juga saat ini merupakan Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) yang itu kepengurusannya hampir merata di Kabupaten/Kota se Jatim, bahkan ada di luar Jawa.


" Secara SDM Gus Fawait juga sangat layak dan mumpuni, beliau saat ini juga lagi proses penyelesaian studi untuk gelar doktor. Artinya secara kemampuan tidak perlu diragukan," pungkas Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur ini.


Sekedar diketahui, Gus Fawait tidak hanya muncul sebagai figur calon Bupati Jember. Sebelumnya, dalam beberapa hasil survei ARCI, nama Gus Fawait juga muncul sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur. Bahkan dalam salah satu simulasi surveinya, Gus Fawait memiliki elektabilitas yang bagus sebagai Cawagub ketika dipasangkan dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.  (Had).

Bagikan:

Komentar