|
Menu Close Menu

Dosen FKIP Unira Pamekasan Lakukan Pendampingan Sekolah Inklusi

Rabu, 26 Juli 2023 | 18.45 WIB

Kegiatan Sekolah Inklusi oleh Dosen FKIP Unira Pamekasan di SDN GLADAK ANYAR 2, Pamekasan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Madura (UNIRA) memperoleh Hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) RI mengadakan  kegiatan pendampingan sekolah inklusi dalam rangka  pengabdian masyarakat di SDN GLADAK ANYAR 2, Pamekasan, Jawa Timur. Rabu, ( 26/07/2023)


Kegiatan itu sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Dengan mengangkat tema “Pendampingan Sekolah Inklusi Melalui Media Ethno Web Digital dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi  dan Penguatan Profil Belajar Pancasila”.


Pendampingan itu dilaksanakan selama  3 hari berturut turut dari tanggal 24-26 juli dengan berbagai rentetan pelatihan terhadap para guru, mulai dari Pembelajaran Berdiferensiasi, Profil Pancasila, Hingga pelatihan penggunaan Media Ethno Web Digital. 


Dr. Moh. Zayyadi M.Pd., Selaku Ketua Abdimas menyampaikan bahwa pendidikan inklusi ini dibutuhkan agar siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dapat belajar dan nyaman di lingkungan siswa normal. 


Tidak hanya itu,  dengan adanya pendidikan inklusi ini sekolah dapat menerapkan dan menerima siswa ABK  di sekolah yakni sekolah inklusi .


“Saya harap sekolah di sekolah inklusi ini menerima dengan baik siswa berkebutuhan khusu agar bisa belajar bersama dengan siswa yang normal," jelasnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ach. Taufik, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Sekolah SD GKADAK ANYAR 2 bahwa pihaknya telah menerapkan sekolah inklusi ini dengan jumlah siswa ABK sebayak 4 Siswa dan berharap dengan adanya pelatihan,  wali siswa dapat percaya dan tidak khawatir lagi untuk menyekolahkan anaknya yang ABK. 


“Saya sangat berterimakasih, dengan adanya pelatihan sekolah inklusi yang di adakan oleh Dosen FKIP Unira ini menjadi bekal bagi para guru agar bisa mendamping siswa kami yang ABK," ucapnya. 


Kegiatan itu ditutup dengan sambutan oleh Dekan FKIP UNIRA Dra. Yanti Linarsih M.Pd.. Ia menyampaikan terimakasih karena sekolah berkenan menerima kegiatan pendampingan sekolah inklusi yang diadakan oleh Dosen FKIP Unira.


" Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif bagi sekolah, dan dapat menerima serta mendidik dengan  baik siswa ABK ( Anak Berkebutuhan Khusus)," pungkasnya. (Tim).

Bagikan:

Komentar