|
Menu Close Menu

Terbaru, Tiga Besar Cagub Jatim Versi ARCI, Ada Khofifah, Emil dan Fauzi

Selasa, 18 Juli 2023 | 23.30 WIB

Achmad Fauzi, Bupati Sumenep saat menerima penghargaan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Nama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi selalu muncul dalam bursa Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Bupati Fauzi  masuk dalam tiga besar Cagub Jatim. Fauzi berada di urutan ketiga setelah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.


Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI menjelaskan, hal itu berdasarkan hasil survei yang digelar sejak 4-15 Juli 2023 menempatkan 1.250 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%. 


" Temuan kami untuk Cagub Jatim, Khofifah masih teratas, kemudian urutan kedua ada Emil dan urutan ketiga Fauzi," jelas Baihaki saat dikonfirmasi media. Selasa, (18/07/2023).


Baihaki, menambahkan perolehannya untuk simulasi 12 nama urutannya sebagai berikut, Khofifah Indar Parawansa : 31,2 %, Emil Dardak : 15,5%, Achmad Fauzi : 11,2%, Anwar Sadad : 5,7%, Sarmuji 5,3%, Saifullah Yusuf :4,9%, Abdul Halim Iskandar : 4,5%, Eri Cahyadi : 3,2%, Thoriqul Haq : 2,7%,  Ach. Fadil Muzakki: 2,2%, sisanya dibawah 1 persen dan yang menjawab tidak tahu 12,8%. 


Masih kata Baihaki, saat dilakukan simulasi dengan empat nama, Bupati Fauzi perolehannya semakin meningkat. Bahkan, mengalahkan Sarmuji yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jatim, dan terus menempel Khofifah dan Emil. 


" Jadi saat empat nama, Khofifah : 39,2 %, Emil : 21,%, Fauzi : 15,1%, dan Sarmuji : 7,6 %," beber Baihaki. 


Simulasi Survei ARCI dengan empat nama . (Dok/ARCI).


Baihaki menuturkan kalau ada peningkatan yang signifikan elektabilitas Fauzi berdasarkan survei ARCI. Itu  jika merujuk hasil survei sebelumnya, dilakukan pada periode April hingga Mei 2023, elektabilitas Cak Fauzi baru berada di angka 7,5%.


Kemudian, saat disinggung soal Khofifah yang masih teratas, Baihaki menganggap wajar sebab  Khofifah saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jatim.


" Tapi untuk seorang patahana, kalau elektabilitas berada dibawah 50 persen itu bukan angka aman," ungkap Baihaki. (Had)

Bagikan:

Komentar