|
Menu Close Menu

Hadiri Perayaan Hari Raya Karo, Gus Amri Mendapat Anugerah Warga Kehormatan Suku Tengger

Kamis, 03 Agustus 2023 | 08.54 WIB

Mohammad Haerul Amri, anggota Komisi X DPR RI saat menghadiri acara perayaan Hari Raya Karo Tengger Pasuruan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pasuruan- Warga Suku Tengger, Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur merayakan  Hari Raya Karo Tengger Brang Kulon. Rabu, (02/08/2023). Bagi mereka acara ini menjadi budaya dan tradisi yang amat sakral dalam sepanjang sejarah kehidupan. 


Acara tersebut tampak semakin meriah karena dihadiri oleh sejumlah tokoh mulai dari anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem, Mohammad Haerul Amri, kemudian turut hadir juga Hendi Candra Wijaya, S.K,M.M.Kes (Kepala Kecamatan Tosari), Dinas pariwisata provinsi Jawa Timur yang di wakili Ibu Mustika, Dinas pendidikan kebudayaan Kabupaten Pasuruan yang di wakili oleh (Ustadi), Dukun pandita Romo Sukarji, Dukun pandita Kayukebek (Agung), Dukun Cemoro gading (Samad), kepala desa wokitri (iksan), Kepala desa ngadiwino (Supriono), Kepala desa sedaeng (Dedik), Kepala desa balidono (Dimas), Kepala desa tosari (Imron), Kepala desa mororejo (Ngatoyon), Kepala desa cemoro gading (Mulyono), Kepala desa kalitejo (Moali), Kepala desa jetak (Edi), Kepala desa kayukebek (Yuda), Kepala desa keduwung (Uripani).


Mohammad Haerul Amri atau yang biasa di sapa Gus Amri, menyebutkan kalau  kebudayaan wisata ini tidak hanya menjadi ritualitas keagamaan bagi orang-orang tua, tetapi dirinya berharap perayaan Hari Raya Karo ini juga menjadi milik anak anak muda yang harus terus di lestarikan.


" Saya berharap bahwa tradisi dan budaya karo ini tidak hanya menjadi ritualitas keagamaan bagi orang-orang tua atau sepuh. Tetapi Hari Raya Karo ini adalah milik anak anak muda yang harus di lestarikan dan tidak boleh punah," ujar Gus Amri yang juga Wakil Ketua Umum PP GP Ansor.


Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pemuda dan Olahraga ini mengaku akan tetap ikut andil sepenuhnya sebagai anggota DPR RI untuk memberikan pelayanan yang terbaik di Hari Raya Karo Tengger Brang Kulon yang akan datang. 


" Kebudayaan dan pariwisata ini masuk dalam mitra kerja saya. Untuk itu saya akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam perayaan Hari Raya Karo Tengger Brang Kulon yang akan datang," tandasnya.


Di kesempatan yang sama, Gus Amri  mendapatkan tanda penghargaan sebagai warga kehormatan suku tengger. Baginya, penghargaan ini sangat bermakna dan bermanfaat untuk terus memperjuangkan anak didik di Tosari.


" Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Tosari yang telah memberikan penghargaan ini kepada saya sebagai warga kehormatan. Saya yakin penghargaan ini sangat besar manfaatnya untuk mendorong saya terus semangat memperjuangkan anak didik Tosari ini," ucap Sekretaris Jenderal DPP Garda Pemuda Partai NasDem .


Selain itu, Gus Amri salurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari jenjang SDN, SMP, SMA, dan SMK , serta beasiswa kuliah..Di hadapan 12 kepala desa yang hadir Ia minta untuk mendata warganya agar mendapatkan beasiswa tersebut.


" Saya punya kuota beasiswa sebanyak 48.400 dan beasiswa kuliah sebanyak 650. Untuk itu saya salurkan kepada 12 Kepala desa yang hadir agar mendata warganya untuk mendapatkan beasiswa ini, wabil khusus warga yang kurang mampu secara ekonomi," pungkas  penerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif dari Forkom Jurnalis Nahdliyin ini. (Ham)

Bagikan:

Komentar