|
Menu Close Menu

Anggota Komisi III DPR RI Dukung Penambahan Anggaran Polri, Begini Penjelasannya

Selasa, 05 September 2023 | 21.18 WIB

Eva Yuliana, Anggota Komisi III DPR RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta-  Eva Yuliana, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem memberikan  dukungan atas  usulan tambahan anggaran Rp12,14 triliun bagi Polri.


Penambahan dana itu, kata dia, dinilai penting mengingat beban kerja Korps Bhayangkara yang berat, terutama menjelang Pemilu 2024.


"Mari kita dukung  anggarannya ditambah dan usulannya diterima," kata Eva dalam Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9).


Eva mengatakan, tugas dan tanggung jawab Polri kian besar. Apalagi, polisi diamanatkan menjaga keamanan sebelum, saat, hingga setelah Pemilu 2024.


"Jangan sampai Polri yang tuntutan pekerjaan dan amanahnya lebih besar lagi di 2024 anggarannya dikurangi," ujar legislator dari Dapil Jawa Tengah V (Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Kota Surakarta) itu.


Lebih lanjut Eva berpesan agar Polri mampu mengelola anggaran sebaik-baiknya. Sebab, Pemilu 2024 jatuh pada Februari yang merupakan tiga bulan pertama di tahun anggaran.


"Biasanya uang negara belum tersedia, padahal Polri sedang konsentrasi melaksanakan pengamanan pemilu sehingga harus di-manage dan diatur," pungkasnya.


Sebelumnya, Polri meminta tambahan dana pada penetapan pagu alokasi anggaran tahun anggaran 2024. Tambahan tersebut berdasarkan sejumlah pertimbangan dan potensi tantangan di tahun depan.


"Polri mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp12,14 triliun kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional," kata Wakil Kepala Polri, Komjen Agus Andrianto. (MI/*)

Bagikan:

Komentar