|
Menu Close Menu

Elektabilitas Tinggi, Survei TBRC: Masyarakat Ingin Prabowo-Airlangga Pimpin Indonesia 2024

Minggu, 17 September 2023 | 19.09 WIB

Foto: doc. lensajatim.id 

JAKARTA, lensajtaim.id - Elektabilitas duet Prabowo-Airlangga melejit dalam survei yang dilakukan lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) menjelang Pilpres 2024.


Hasil survei jika pilpres digelar hari ini, maka tingkat keterpilihan pasangan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto sebanyak 41,7 %, disusul pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil 29,8 % serta Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar 20,1 %, sementara itu yang tidak memilih hanya 8,9 %.


Jumlah Responden terpilih sebanyak 2024 WNI yang sudah punya hak pilih dan tersebar 34 Provinsi. Survei ini menghasilkan Margin of Error kurang lebih 2,18% dengan Tingkat Kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan mulai tanggal 1-14 September 2023.


Johanes Romeo Direktur Eksekutif TBRC, mengatakan bahwa  Prabowo - Airlangga yang paling punya kemampuan untuk melanjutkan program jokowi, sebab pengalaman Airlangga sangat mumpuni dan sangat mengenal dan tahu benar program - program Jokowi karena menjadi anggota kabinet selama 2 periode pemerintahan Jokowi yang ditempatkan di sektor perekonomian.


"Artinya tingginya elektabilitas pasangan Prabowo - Airlangga karena oleh mayoritas publik dinilai sebagai pasangan yang punya pengalaman melebihi pasangan lainnya dalam mengelola negara ," kata Johanes Romeo dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2023).


Johanes Romeo menyebutkan, Prabowo Subianto mempunyai pengalaman dalam menata sistim pertahanan dan keamanan nasional sedangkan Airlangga punya pengalaman menata perekonomian nasional.


"Sebenarnya pilpres 2024 ini mirip dengan 2014 dimana saat itu Prabowo lebih memilih Hatta Rajasa dari PAN dibandingkan Aburizal Bakrie yang merupakan ketua umum Golkar sehingga menyebabkan mesin Golkar tidak bekerja maksimal sehingga kalah oleh Jokowi - JK," ujar Johanes Romeo.


Menanggapi hal itu pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai,pasangan Prabowo Subianto- Airlangga Hartarto sangat melengkapi karena Airlangga merupakan Ketum partai politik terbesar di Indonesia.


"Jadi punya kekuatan politik yang bisa membuat Prabowo Airlangga memenangi kontestasi pilpres 2024," kata Bambang Arianto kepada wartawan Minggu (18/9/2023).


Bambang Arianto mengatakan,
Airlangga juga dikenal sangat memiliki kekuatan politik yang merata di seluruh Indonesia. Itu Karena Golkar sangat membumi terutama di luar Jawa.


"Dibeberapa daerah seperti Banten, justru partai politik terkuat masih di dipegang oleh Golkar dan ini bisa menjadi kekuatan utama dari Airlangga untuk memenangi kontestasi 2024," ucap Bambang Arianto.


Dia juga menjelaskan bahwa Golkar harus mampu membuat mesin politik untuk pemilu lebih taktis, dan kreatif karena lawan yang dihadapi akan berupaya selalu menyebarkan kampanye negatif dari sosok Prabowo.


Ia menegaskan bahwa peluang besar untuk menang Karena Prabowo elektabilitasnya masih tertinggi, ditambah lagi dengan kehadiran sosok Airlangga yang merupakan sosok menko yang sangat berjasa bagi Indonesia dalam masa pandemi covid silam.


"Ya survei ini bisa menegaskan bahwa suara rakyat mendukung penuh pasangan Prabowo - Airlangga untuk bisa menyelamatkan Indonesia agar lebih maju," ucapnya.


Apalagi Airlangga terbukti telah membuat ekonomi Indonesia terselamatkan dr resesi saat pandemi covid


"Ya sangat dengan kapasitas Prabowo dan Airlangga bisa melanjutkan semua program Jokowi ke depan," ungkapnya.(Redaksi)

Bagikan:

Komentar