|
Menu Close Menu

Jelang Pemilu 2024, Polres Sumenep Lakukan Latihan Dalmas

Selasa, 26 September 2023 | 21.01 WIB

Polres Sumenep menggelar latihan kompi Pengendalian Massa (Dalmas). (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Kepolisian Resort (Polres)  Kabupaten Madura, Jawa Timur, menggelar latihan kompi Pengendalian Massa (Dalmas) guna kesiapan pengamanan  Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.


Latihan kompi tersebut berlangsung pada Selasa (26/09/2023) dengan diawali upacara dengan dipimpin Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko, yang bertempat di Lapangan Tenis Pesat Gatra Polres setempat.


Diketahui latihan bersama itu, di antaranya keterampilan gerakan Dalmas awal, Dalmas lanjut, gerakan berjalan sesuai dengan formasi. Lalu, sikap siaga, sikap tempur, sikap mendorong lawan, mendesak maju dan sikap berlindung dengan tameng.


Kepada sejumlah awak media, 

Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko mengatakan bahwa  kegiatan ini dijadwal selama seminggu penuh guna kesiapsiagaan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti mendatang.


“Kita harus menjaga fisik supaya tetap bugar dan sehat, kemudian perlu meningkatkan kemampuan dan kesadaran disiplin dalam ikatan Regu, Peleton dan Kompi, dan yang paling penting memiliki kemampuan khusus sesuai dengan peran dan fungsi Dalmas,” katanya, Selasa (26/09/2023).


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa pada Pemilu 2024 nanti, kata Kapolres, pihaknya akan melibatkan anggota yang ikut pelatihan dalam pengamanan.


"Untuk itu, dalam latihan bersama tersebut ditekankan pada materi dan penguasaan materi, di antaranya cara pengendalian massa di lapangan atau ruang terbuka dan latihan kekompakan serta soliditas di setiap penugasan," ujarnya. 


Kapolres juga mengungkapkan, bahwa sebagai petugas keamanan tidak hanya dituntut siap fisik, melainkan juga perlu membiasakan diri disiplin dan sabar. 


"Masing-masing personal harus mampu mengendalikan emosi, tidak mudah terprovokasi dalam situasi apapun,” tandasnya. (Zi)

Bagikan:

Komentar