|
Menu Close Menu

Tugu Golong Gilig

Sabtu, 30 September 2023 | 21.06 WIB



Oleh : apt. Abdur Rahman, S.Si, M. Kes 


Lensajatim.id, Opini- Bentuknya yang berupa golong gilig memiliki makna semangat persatuan antara rakyat dengan rajanya. Juga sebagai simbol atas filosofi Jawa Manunggaling Kawula Gusti yang bukan hanya berarti menyatunya rakyat dengan penguasa, tetapi juga menyatunya manusia dengan kehendak Sang Pencipta. 


Pada masa lalu gilig pada puncak tugu digunakan sebagai titik pandang ketika Sri Sultan sinawaka (meditasi) di Bangsal Manguntur Tangkil. Bangsal Manguntur Tangkil adalah ruang takhta yang terletak di Siti Hinggil Lor, pelataran keraton yang tanahnya ditinggikan.


Dilaksanakannya Munas II APBI di tempat ini bukanlah tanpa alasan tetapi memiliki makna bahwa APBI akan selalu:


1. Dimana Bumi Dipijak Disitu langit di junjung, artinya bahwa APBI mengambil spirit Sri Sultan Sinawaka untuk terus fokus berjuang demi rakyatnya, berjuang demi kemaslahatan anggotanya. 


2. Menghargai Sejarah, bahwa Sewindu yang silam, 9 Desember 2015 di tempat ini pula APBI lahir sebagai wadah perjuangan profesi apoteker dalam membuat peta jalan menuju apoteker sejahtera dan bermartabat pada saat organisasi profesi yang ada dianggap masih jauh dari harapan. 


3. Tugu Golong Gilig, sebagai simbol menyatunya raja dengan rakyatnya, menjadi simbol dan spirit Munas II APBI bahwa APBI senantiasa menyatu dan menjadi bagian tak terpisahkan dengan pemerintah/negara. Simbol dan spirit ini menemukan relevansinya pasca diundangkannya UU 17/2023 tentang Kesehatan dimana sebagian rakyat (organisasi profesi) yang selama ini tumbuh dan dibesarkan oleh pemerintah telah melakukan 'perlawanan' dengan melakukan JR atas UU ini. 


Maka dari itu, melalui momentum MUNAS II, APBI meneguhkan diri sebagai lembaga/organisasi profesi yang setia dan taat pada pemerintah dan menjadi garda terdepan dalam mengawal implementasi UU yang sangat memihak kepada rakyat, khususnya para insan kesehatan. 


(* Penulis adalah Sekjen APBI 

Yogyakarta, Sabtu Pagi 30 September 2023


Salam Panca Dharma APBI. 


#uukesehatanbaik #kemenkesri #uuoblk

#apbindonesia #apoteker

Bagikan:

Komentar