|
Menu Close Menu

Diikuti Puluhan Pasangan, Bupati Fauzi Dukung Isbat Nikah GOW Sumenep

Jumat, 03 November 2023 | 15.54 WIB

Achmad Fauzi Wongsojudo, Bupati Sumenep bersama Nia Kurnia, Ketua GOW Kabupaten Sumenep saat menghadiri acara Isbat Nikah. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur dukung Isbat Nikah yang diadakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumenep bagi pasangan pra sejahtera pada Kamis (02/11/2023) kemarin.


Diketahui, kegiatan yang berlangsung di Gedung KORPRI tersebut  diikuti 20 pasangan suami istri yang berasal dari usulan semua organisasi yang tergabung di GOW Kabupaten Sumenep.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan bahwa Isbat Nikah ini sebagai langkah nyata yang dilakukan GOW Sumenep untuk memberikan akses pelayanan hukum legalitas pernikahan.


"Sehingga, pemerintah hadir guna membantu masyarakat kurang mampu memperoleh hak-hak dasarnya mendapatkan identitas hukum,” katanya Kamis (02/11/2023) kemaren.


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa masyarakat yang menikah secara agama saja tidak resmi secara hukum negara, tentunya mempunyai kendala dalam pengurusan administrasi kependudukan, sehingga berpengaruh terhadap program kesejahteraan sosial, perlindungan sosial maupun kesehatan yang diselenggarakan pemerintah.


“Jika memiliki buku nikah melalui isbat nikah terkait status hukum perkawinan dan kependudukan tercatat dalam dokumen negara, yang menjadi acuan pasangan suami istri untuk mengurus Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran anak maupun dokumen lain," jelasnya. 


Bupati mengharapkan masyarakat untuk menikah di Kantor Urusan Agama (KUA), untuk mendapatkan kepastian hukum dan legalitas pernikahan yang sah, sehingga tidak hanya sah secara agama saja pernikahannya.


“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada GOW Kabupaten Sumenep yang telah berkolaborasi dengan Kantor Kementerian Agama, Pengadilan Agama Kabupaten Sumenep untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” tukasnya. (Zi)

Bagikan:

Komentar