|
Menu Close Menu

Masyarakat Banyuwangi Bakal Sampaikan Aspirasi Soal Program TORA ke Presiden Jokowi

Selasa, 26 Desember 2023 | 23.53 WIB

Persiapan Penyampaian Aspirasi kepada Presiden Joko Widodo. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Banyuwangi, - Masalah Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan Sosial (PS) jelang kehadiran Presiden Jokowi. Puluhan ribu masa yang mengaku tak dapat manfaat atas program itu akan meminta ketegasan Presiden saat hadir di Banyuwangi.


Mereka akan berusaha menemui Jokowi guna menyampaikan pendapatnya bahwa program TORA dan PS yang akan diresmikan secara simbolis oleh Jokowi itu salah sasaran. Sebab dari 15.107 keluarga yang tersebar di 694 Hektar itu bukan atas gagasan salah satu orang anggota Projo yang kini akan mencalonkan sebagai anggota DPR RI. Melainkan usulan dari komunitas semut Ireng.


Pendamping Program PS yang di SK Kementrian Kehutanan Fikri Aditya, akrab disapa Gus Fikri menyatakan bahwa klaim TORA clear and clean itu tidak tepat. Pasalnya sampai detik ini dia yang mendampingi masyarakat sejak tahun 2016 masih berproses pada tahapan pendataan dan pemetakan.


“Saat ini masih usulan petak, dan masih terhambat jumlah petugas dan waktu yang relative singkat,”tegasnya, lewat keterangan tertulisnya, Selasa (26/12/2023).


Dan untuk diketahui, pada daftar pendamping yang didata oleh kementrian kehutanan PROJO tidak tercatat. Untuk itu ia bersama teman-temannya yang saat ini masih berproses untuk menyelesaikan program PS yang harus tuntas di 2024 seperti target Presiden akan menyampaikan keluh kesahnya saat Presiden ke Banyuwangi.


“ Ya… bukan menghadang. Tetapi kami akan menghampiri dan menyampaikan keluh kesah kami dengan tajuk “Wong Alas Nagih Janji," pungkasnya.


Sebagaimana diketahui, kehadiran Presiden Jokowi di Banyuwangi 27 Desember 2023 mendatang ini disambut pro kontra terkait agenda TORA dan PS. Di pihak kontra, sejumlah seruan disampaikan di media sosial. Berikut foto-foto akan persiapan aksi.


Disisi lain, kehadiran Jokowi di Banyuwangi tersebut juga diiringi dengan hilangnya ratusan bendera partai PDI Perjuangan. Ruas ruas jalan yang akan dilalui oleh Jokowi hanya berisi bendera partai Golkar dan Projo. Alhasil sampai berita ini ditulis jajaran DPC PDI Perjuangan Banyuwangi memasang dan meramaikan Kembali pemasangan bendera partai. (Ugik)

Bagikan:

Komentar