|
Menu Close Menu

Surya Paloh Tegaskan Komitmen NasDem Jaga Pancasila

Selasa, 06 Februari 2024 | 12.00 WIB

Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem ditemani Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem dalam acara Kampanye di Manado. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Manado- Partai NasDem hadir sebagai benteng Pancasila dengan seluruh energi dan komitmen kebangsaannya yang kokoh dalam menjaga persatuan di tengah keberagaman.


Demikian ditekankan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam orasi kebangsaannya di Rapat Umum Kampanye Akbar Partai NasDem Sulawesi Utara (Sulut) di Pohon Kasih Kawasan Megamas, Kota Manado, Senin (5/2).


Meski berlangsung di bawah guyuran hujan puluhan ribu massa yang hadir tampak tetap bertahan menyimak arahan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. Paloh pun meyakini para kader NasDem di Bumi Nyiur Melambai tersebut memiliki keyakinan dan keteguhan hati dalam menjaga persaudaraan.


"Karena dari Bumi Minahasa ini Bumi Nyiur Melambai ini sekaligus Bumi Pancasila kita mempunyai komitmen kebangsaan yang sudah tidak perlu diragukan sedikit pun itu, pluralisme perbedaan demi perbedaan yang ada, kita atasi semuanya di sini dengan kehidupan yang damai dan bahagia," kata Paloh.


Paloh pun kembali merefleksikan semangat kepahlawanan dari sosok Sam Ratulangi dan AA Maramis putra Sulut yang turut berperan dalam lahirnya Republik Indonesia yang plural dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Selain itu Paloh juga mengapresiasi kepeloporan tokoh-tokoh wanita asal Sulut yang tak kalah heroik dari wilayah lainnya.


Untuk itu Paloh mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan satu sama lain dalam menjaga apa yang sudah dicita-citakan dan diproklamirkan para pendiri bangsa ini.


"Kita tidak boleh menyelewengkan itu kita memilih sistem negara ini, negara republik, kita tidak memilih negara federal, negara agamis tapi negara republik yang nasionalistik. Maka kalau ada perbedaan suku, agama itulah yang menjadi kekuatan Indonesia yang kita pahami," tukas Paloh.


NasDem lanjut dia, tak akan bergeser sedikitpun dari komitmennya sebagai benteng Pancasila yang mampu menjaga nilai-nilai toleransi dan jauh dari sikap diskriminatif. NasDem juga ingin mengawal kualitas demokrasi yang ada di Indonesia.


"NasDem datang dengan komitmennya yang terus menjadi pegangan yang tidak bergeser sedikitpun menjadi bentengnya nasionalisme kebangsaan yang ada di negeri kita ini," kata dia.


NasDem, lanjut Paloh memahami demokrasi yang mampu memberikan kebebasan terhadap pandangan-pandangan dan sikap pilihan politik yang bebas dan merdeka. Untuk itulah Paloh berharap demokrasi yang dimiliki bangsa ini dapat semakin berkualitas, bersih, dan menggembirakan masyarakat.


Di sisa sembilan hari jelang pelaksanaan pemungutan suara Paloh juga mengajak masyarakat untuk bersikap pro aktif dan teguh dalam menentukan pilihan.


"Jangan pernah ragu terhadap ketetapan hati pilihan saudara-saudara semua karena kita mempunyai hak untuk menemukan kebebasan kita memilih," demikian tutup Paloh.


Kampanye Akbar Partai NasDem Sulut berlangsung semakin meriah dengan aksi parade kebudayaan dan Tarian Kabasaran serta sejumlah pengisi acara lokal.


Hadir pula sejumlah pengurus DPP NasDem antara lain Hermawi Taslim, dan Willy Aditya serta jajaran pengurus NasDem Sulut dan para Caleg NasDem di wilayah Sulut. (Tim)

Bagikan:

Komentar