> Ganas Annar dan KDK MUI Pasuruan Resmi Dilantik, Ini Fokus Gerakannya Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Ganas Annar dan KDK MUI Pasuruan Resmi Dilantik, Ini Fokus Gerakannya

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 16.29 WIB


Pengurus Ganas Annar dan KDK MUI Pasuruan foto bersama saat acara Pelantikan 

lensajatim id Pasuruan- Pengurus Cabang Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) resmi dilantik. Ganas Annar merupakan bagian dari MUI Kabupaten PASURUAN yang bergerak penanggulangan Narkoba.

Pelantikan Pengurus Periode 2020 - 2025 dilantik oleh Pimpinam Wilayah GANAS ANNAR Jawa Timur di Rumah Makan Palm Resto Pasuruan pada hari Sabtu 17 Oktober 2020.


Pelantikan dilakukan oleh Ketua PW GANAS ANNAR Jatim Bapak KH Abd Munttholib. Sedang yang dilantik sebagai Ketua GANAS ANNAR Kabupaten Pasuruan adalah Ustadz H Shulhan.


Muzammil Syafi'i selaku Pembina Ganas Annar Kabupaten Pasuruan dalam sambutannya menuturkan bahwa  banyaknya anak bangsa ini yang kini jumlahnya lebih dari 3 juta orang, baik yang coba coba maupun yang sudah kecanduan ditinjau dari persepsi agama karena beberapa hal.


Pertama, kata pria yang juga anggota Komisi A DPRD Jatim ini ,karena memilih jalan kefasikan walaupun Allah sudah menunjukan jalan ketakwaan.  Kedua, akibat menuruti hawa nafsu. Ketiga, karena dicabutnya Iman yang bersangkutan. Dan yang keempat akibat pergaulannya yang salah, ibarat dalam hadits Nabi.



Ketua PW Ganas Annar, K.H ABD MUTHOLIB menjelaskan  gerakan Ganas Annar dalam pemberantasan narkoba akan  lebih  efektif dari pada organisasi yang lain. Hal tersebut dikarenakan organisasi bisa operasional sampai ke tingkat Kecamatan.


Tidak hanya itu, bahkan Ganas Annar bisa juga masuk ke Pondok Pesantren yang kini dimungkinkan juga ada yang terpapar narkoba. " Karena masuknya ke Ponpes dengan  alasan obat untuk memperkuat diri dalam mempelajari ilmu di Ponpes," terangnya.



Ia menambahkan Fungsi Ganas Annar ini menekan penyebaran Narkoba pada masyarakat tidak terkecuali juga kepada para remaja dan Santri yang juga dimungkinkan terpapar narkoba khususnya di Kabupaten Pasuruan


Ditempat yang bersamaan juga dilakukan Pelantikan Pengurus Cabang Gerakan komite da'wah Khusus ( KDK) MUI Kabupaten PASURUAN periode 2020-2025. KDK merupakan bagian dari MUI yang bergerak di Bidang da'wah khusus terutama sekali da'wah bil hal ( tindakan) dan juga bil mal ( dengan harta benda) di Pasuruan.


K.H. Imam Mawardi  Ketua PW KDK Jatim usai melantik KDK Pasuruan dalam sambutannya menjelaskan bila da'wah yang  akan disasar oleh KDK yang tidak  digarap oleh da'wah  secara umum, misalnya da'wah pada kaum mileneal yang lebih banyak pada ketertarikan pada kajian kajian ilmiah yang praktis.


Ini, tentu berbeda dengan metode da'wah yglang konvensional juga melalui media elektronika.


Da'wah juga pada mereka yang muallaf yang butuh bimbingan khusus untuk memahami islam dan menjalankan secara utuh dalam kehidupan sehari hari.


Da'wah KDK juga menyasar kaum duafa' dan mustad-afin dengan da'wah bil mal dengan memberikan bantuan bantuan untuk biaya sekolah dan sebagainya. (Had)

Bagikan:

Komentar