|
Menu Close Menu

ARCI Beri Apresiasi 9 Tokoh dan Lembaga Peduli Covid-19 di Jawa Timur

Selasa, 22 Desember 2020 | 15.59 WIB

 

Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif ARCI. foto : istimewa.

lensajatim id Surabaya-Tahun 2020 merupakan tahun ujian bagi bangsa ini, tak terkecuali warga Jawa Timur. Praktis sejak virus Corona masuk ke Jawa Timur pada medio Maret 2020, pertumbuhan ekonomi menurun. Pemerintah pun lebih fokus terhadap upaya penanggulangan pandemi Covid 19 daripada pembangunan. 


Namun di tengah pandemi ini, muncul optimistis dari Jawa Timur. Pasalnya, seluruh elemen terbukti bahu membahu menanggulangi Covid 19. Sikap peduli itu ditunjukkan secara nyata oleh individu mau pun lembaga atau institusi lewat donasi mau pun kampanye protokol kesehatan. Dengan begitu Pemprov Jatim mau pun Pemkab tidak berjuang sendiri. 


"Kasus Covid 19 sempat melandai di Jawa Timur. Bahkan pada bulan Oktober Presiden Jokowi memuji Gubernur Khofifah dan menyatakan Jawa Timur sebagai provinsi yang paling sukses mengendalikan Covid 19. Keberhasilan itu tentunya berkat sinergi yang baik dengan masyarakat, baik swasta mau pun pemerintah," terang Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siradj, Selasa (22/12/2020).


Baihaki menilai, peran serta masyarakat membantu pemerintah dan Satgas Covid 19 ini patut diapresiasi. Karena semangat gotong-royong tersebut ciri masyarakat Indonesia yang juga sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. 


Karena alasan itu, ARCI sebagai lembaga riset dan kajian menginisiasi sebuah penghargaan yang bertajuk ARCI Awards 2020. Penghargaan kali ini dikhususkan untuk individu dan lembaga atau institusi yang dinilai punya kontribusi nyata dalam usaha penanggulangan Covid 19. Setelah melalui riset dan kajian, maka terpilih 9 pihak yang layak menerima penghargaan. Tiga orang dari kategori individu/perseorangan, enam dari kategori lembaga/institusi.


"Dasar penelitiannya adalah riset media, kemudian nominatornya dikaji bersama-sama tim. Hasilnya ada 9 individu dan lembaga yang layak menerima ARCI Awards 2020," urai Baihaki. 


Baihaki mengungkapkan pihaknya berharap lewat penghargaan ini bisa menstimulus masyarakat Jawa Timur untuk terus bergotong royong, bahu membahu bersama-sama berkontribusi mengatasi pandemi ini sesuai kemampuannya masing-masing. Paling tidak, saling mengingatkan untuk menjalani protokol kesehatan.


Sebab, lanjut Baihaki, sekalipun pemerintah telah mendatangkan jutaan vaksin Covid 19, namun tetap yang utama adalah mengkampanyekan 3 M. Yakni, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 


"Penghargaan ini adalah wujud apresiasi kami kepada pihak-pihak yang telah berbuat nyata untuk kemanusian, sekalipun masalah Covid 19 ini bukan tupoksi utama mereka. Semoga ini menjadi stimulus bagi yang lain untuk berbuat positif sekecil apapun itu," pungkas kader muda NU tersebut. 


Berikut ini penerima penghargaan ARCI Awards 2020 :


Kategori Individu :


Anik Maslachah, S. Pd, M.Si (Wakil Ketua DPRD Jatim) sebagai Politisi Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Dr. Lia Istifhama, M.E.I (Ketua Perempuan Tani HKTI Jatim) sebagai Tokoh Muda Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Dr (HC) Alim Markus 

(CEO Maspion Group) sebagai Pengusaha Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Kategori Institusi/Lembaga :


Kepolisian Daerah (Polda) Jatim sebagai Lembaga Negara Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) sebagai BUMD Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jatim sebagai Organisasi Pengusaha Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Sampoerna Foundation sebagai Organisasi Sosial Peduli Covid 19 di Jawa Timur. 


Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jatim sebagai Ormas Kepemudaan Peduli Covid 19 di Jawa Timur. (Had)



Bagikan:

Komentar