|
Menu Close Menu

Refleksi Akhir Tahun, Ketua MUI Jatim: Momentum Merajut Harmoni Kehidupan Beragama dan Bernegara

Rabu, 30 Desember 2020 | 09.32 WIB

Ketua Umum MUI Jatim, K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah 


lensajatim id Surabaya –
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah mengajak semua elemen bangsa, terutama umat Islam di Jatim untuk melakukan refleksi menjelang pergantian tahun.


“Dalam rangka memperbaiki kualitas keimanan, meneguhkan ukhuwah dan meningkatkan daya saing SDM bangsa yang unggul (khaira ummah) di dunia internasional,” kata Kiai Mutawakkil dalam keterangan tertulisnya, Rabu pagi, 30 Desember 2020.


Menurut Kiai Mutawakkil, pergantian tahun merupakan sunnatullah dan hendaknya menjadi refleksi (muhasabah) bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan.


Berikut amanah Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menjelang akhir tahun 2020:


1. MUI Jatim mengajak umat Islam untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai bagian dari upaya penyempurnaan diri.


2. MUI mengajak masyarakat Jawa Timur untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjauhkan diri dari kerumunan dalam menyambut tahun baru 2021 karena itu awal dari penyebaran Covid-19.


3. Hindarkan jenis perayaan apapun yang berpotensi mengganggu kepentingan umum.


4. Perkuat komitmen untuk hidup lebih baik dan mulia di hadapan Allah SWT dan sesama warga pada tahun 2021.


5. Senantiasa memperkokoh rajutan harmoni kehidupan beragama dan bernegara di tengah kebhinekaan bangsa Indonesia.


Demikian amanah ini disampaikan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada bangsa Indonesia guna mewujudkan negara Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, dan khususnya persatuan umat Islam di Jawa Timur semakin nyata terbangun dalam mewujudkan harmoni kehidupan beragama dan berbangsa. (Had)

Bagikan:

Komentar